Cara Menjaga Kesehatan Retina Mata

by
May 6th, 2014 at 2:52 pm

CiriCara.com – Mata mirip dengan jendela dimana kita mampu melihat dunia melaluinya. Sayangnya banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan mata dan penglihatannya. Retina mata sebagai bagian penting sistem penglihatan merupakan lapisan jaringan yang terletak di bagian belakang mata yang berguna menangkap cahaya dan mengirimkan gambar ke otak. Kerusakan retina mata bisa mengakibatkan berbagai masalah mata seperti degenerasi makula, retinopati diabetes, dan rabun.

Mata rabun, misalnya, disebabkan karena faktor lingkungan seperti terlalu banyak duduk di depan layar komputer untuk jangka waktu yang lama. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga retina tetap sehat dan penglihatan tetap tajam.

1. Olahraga Mata

olahraga mata / Ist

olahraga mata / Ist

Cara termudah meningkatkan kesehatan retina mata adalah melalui olahraga mata sederhana setiap hari. Mata dibentuk dari otot-otot dan seperti otot lainnya, otot mata pun bisa melemah jika kita tidak menggunakannya dengan sesuai. Dengan melatih otot mata, Anda mengurangi kemungkinan terjadinya mata lelah dan dapat menguatkan semua otot yang terhubung dengan mata. Mata rabun pada umumnya dapat tertolong dengan olahraga mata ini.

Salah satu olahraga mata untuk mata lelah dan penglihatan menjadi samar adalah dengan menggunakan telapak tangan. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan bersamaan selama 3-4 menit sampai terasa hangat. Lalu letakkan tangan yang menggumpal seperti gelas pada mata. Jaga agar tidak ada cahaya melewati jari. Rasakan kegelapan dan kehangatan dari telapak tangan Anda.

Comment di sini