Kredit Rumah: Cara Mendapatkan Kredit Tanpa DP

by
May 6th, 2014 at 1:15 pm

CiriCara.com – Masyarakat yang ingin memiliki rumah sekarang sudah dimudahkan dengan adanya sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan cara KPR ini, masyarakat bisa membeli rumah idaman dengan cara kredit atau dicicil.

kredit rumah

Proyek Perumahan – Ist

Namun, masih ada saja masyarakat yang mengeluhkan besarnya uang muka atau down payment (DP) yang harus dibayar sebelum melakukan kredit rumah. Pasalnya, uang muka yang berkisar 20% – 30% dari harga rumah dirasa masih memberatkan.

Ketetapan besar uang muka tersebut sudah ditegaskan oleh Bank Indonesia. Di mana setiap pengaju kredit rumah dengan luas bagunan lebih dari 70 m, maka uang DP harus dibayar sebesar 30% dari harga total. Sementara untuk rumah dengan luas kurang dari 70 m, maka uang DP harus dibayar 20%.

Sebenarnya ada nggak sih kredit rumah tanpa DP?

Mungkin Anda pernah melihat selebaran atau iklan suatu bank yang menawarkan kredit rumah tanpa DP. Perlu Anda ketahui, hal itu tidak semuanya benar. Pada dasarnya tidak ada satupun bank yang menawarkan kredit rumah dengan DP sebesar 0%.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa cara agar Anda tetap bisa mendapatkan kredit rumah tanpa DP:

1. Melobi harga

Manfaatkan perang harga para pengembang rumah (developer), untuk minta potongan harga. Anda harus bekerjasama dengan pihak developer. Artinya, baik Anda dan developer sudah sama-sama sepakat bahwa potongan harga itu seolah-olah akan menjadi uang muka yang dibayarkan ke pihak bank pemberi kredit. Jadi Anda tidak perlu lagi membayar DP.

2. Naikkan harga

Carilah rumah yang harganya lebih murah. Lalu, Anda bekerjasama dengan pihak developer untuk menaikkan harga rumah tersebut (sebelum dibeli bank) sebesar uang muka yang harus dibayarkan ke bank. Dengan catatan, pihak bank tidak boleh tahu. Ingat! Cara ini harus ada kesepakatan bersama antara Anda dengan developer.

kredit pemilikan rumah

Kredit rumah – Ist

3. Rumah disewakan

Anda bisa mendapatkan kredit rumah tanpa DP dengan cara rumah disewakan. Pertama, Anda membayar DP ke bank agar rumah tersebut bisa ditempati. Selanjutnya, Anda bisa menyewakan rumah tersebut ke orang lain. Nantinya, uang sewa dari orang tersebut akan menjadi pengganti uang DP Anda.

4. Pilih developer

Jika tidak ada bank yang menawarkan kredit rumah tanpa DP, Anda bisa beralih ke pihak developer. Biasanya ada beberapa developer yang menawarkan kredit rumah tanpa DP demi menarik pembeli. Nah, Anda sebaiknya memilih developer ini.

Yang pasti, Anda harus jeli dalam melihat peluang-peluang untuk menyiasati biaya kredit rumah. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda.

(YG)

Comment di sini