Cara Ahok Bedakan Bakso Daging Celeng dengan Sapi

by
May 7th, 2014 at 3:38 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Tertangkapnya Sutiman Wasis Utomo, pedagang bakso daging celeng tentu menjadi sebuah peringatan untuk masyarakat agar tidak sembarangan dalam membeli jajan di luar rumah. Masyarakat kembali diingatkan untuk lebih berhati-hati lagi.

basuki tjahaja purnama

Ahok – Ist

Polsek Metro Tambora menangkap Sutiman yang biasa berjualan di Jalan Pekojan Raya, Tambora, Jakarta Barat, Senin (5/5/2014). Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa Sutiman selama ini membuat bakso dengan dicampur daging celeng.

Sutiman mengaku membuat bakso celeng itu karena jauh lebih menguntungkan ketimbang membuat bakso dari daging sapi. Dia mengaku biasanya membeli daging celeng di Pasar Cengkareng dengan harga 45 ribu per kilogram.

Seperti diberitakan Metrotvnews.com, Sutiman sudah berjualan bakso celeng selama hampir tiga tahun. Warga sekitar yang sudah menjadi langganan Sutiman pun langsung meluapkan kekesalannya dengan mengobrak-abrik kios bakso milik Sutiman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku prihatin dengan maraknya penjual bakso celeng di Jakarta. Karenanya, Ahok pun mengimbau agar warga Jakarta lebih waspada lagi agar tidak tertipu.

Lebih lanjut Ahok mengaku punya tips untuk membedakan antara daging sapi dengan daging celeng. Menurut Ahok, cara tersebut ia dapatkan dari rekannya yang merupakan seorang juru masak.

“Kalau salah masak, salah bumbu, salah macam-macam tapi masih tetap enak, itu pasti celeng. Kalau daging yang lain kan kalau terlalu matang, kurang matang, terlalu banyak bumbu, pasti tidak enak,” ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/5/2014), kemarin.

OkezoneDengan tips tersebut, Ahok pun berharap warga Jakarta bisa terhindar dari penjual bakso celeng. Pasalnya, akhir-akhir ini beredar kabar bahwa sejumlah pedagang bakso di Jakarta mengganti bahan bakunya dengan daging celeng.

Ahok juga meminta agar warga tidak segan untuk melaporkan pedagang yang dicurigai menggunakan daging celeng untuk baksonya. Menurutnya, pengaduan dari masyarakat sangat dibutuhkan mengingat pengedaran daging celeng ini sudah sangat banyak.

“Kita mesti tegas saja. Kalau ada yang dicurigai, lapor. Kalau terbukti (pakai daging celeng) akan kita tangkap,” tegas Ahok yang juga merupakan mantan Bupati Belitung Timur.

(YG)

Comment di sini