Cara Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih

by
May 7th, 2014 at 11:41 am

CiriCara.com – Keputihan merupakan fungsi penjaga penting dalam sistem reproduksi wanita. Cairan keputihan yang tercipta dari kelenjar di dalam vagina dan leher vagina membawa keluar sel mati dan bakteri. Hal ini untuk menjaga vagina tetap bersih dan membantu mencegah infeksi.

keputihan / Ist

keputihan / Ist

Umumnya cairan keputihan berwarna bening atau putih. Cairan ini bisa menjadi licin dan lengket selama ovulasi atau sekitar dua minggu setelah menstruasi. Perubahan warna atau banyaknya cairan bisa mengindikasikan bahwa Anda mengalami infeksi.

Vagina secara normal mengandung bakteri. Pertumbuhan bakteri ini diatur dan dipengaruhi oleh beberapa faktor berbeda seperti tingkat keasaman (pH) dan hormon. Tidak seimbangnya pH dan hormon dapat menimbulkan risiko infeksi dan pertumbuhan bakteri atau jamur secara berlebih.

Untuk mengatasi keputihan yang membuat miss V jadi bau, lembab, dan gatal, ada resep tradisional ampuh yang patut dicoba. Daun sirih merupakan pengobatan alami untuk masalah keputihan. Meski sudah tersedia sabun kewanitaan yang berbahan daun sirih, namun yang alami dengan cara membuatnya sendiri tentu lebih baik dan aman karena tidak ada campuran bahan kimia di dalamnya.

Daun sirih / Ist

Daun sirih / Ist

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih cukup mudah:

  1. Siapkan beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih.
  2. Rebus daun sirih bersama satu panci air hingga mendidih. Diamkan beberapa saat hingga menjadi hangat kuku.
  3. Pakai rebusan daun sirih tersebut untuk membilas miss V. Lakukan secara rutin seminggu sekali untuk melihat perubahan pada keputihan yang abnormal.

Daun sirih mengandung zat tannic dan kavikol yang berguna sebagai antiseptik untuk melawan bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan infeksi dan leuchorrea. Tidak hanya itu, miss V gatal dan bau juga bisa diatasi dengan daun yang mudah dijumpai di Indonesia ini.

Selain pengobatan luar, keputihan juga bisa disembuhkan dari dalam. Caranya dengan meminum ramuan campuran kulit buah delima dan kunyit.

  1. Siapkan 15 gram kulit buah delima kering dan 10-20 gram kunyit yang sudah dipotong-potong.
  2. Rebus kedua bahan tersebut dengan 600 cc air.
  3. Minum ramuan ini dua kali sehari efektif menyembuhkan keputihan.

(MD)

Comment di sini