Cara Mengenali Toko Online Palsu

by
May 7th, 2014 at 10:28 am

CiriCara.com – Pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak. Beberapa di antaranya menggunakan internet untuk berbelanja melalui toko online. Kemudahan yang ditawarkan toko online tentu menjadi alasan kenapa banyak orang mulai beralih ke internet.

ilustrasi belanja online

Belanja Online – Ist

Saat ini banyak sekali toko online yang bermunculan. Mulai dari situs yang menjual barang dagangannya sendiri, sampai dengan situs yang hanya menjadi perantara untuk jual-beli. Tentunya ini akan membuat Anda jadi lebih mudah dalam mencari barang yang ingin dibeli.

Namun, dibalik itu semua ternyata masih ada saja orang yang berbuat curang. Mereka memasang iklan palsu di internet untuk menjebak pelanggannya. Saat uang sudah dikirim, ternyata barang yang dibeli tidak kunjung datang.

Agar tidak terjebak iklan toko online palsu, berikut ada beberapa cara mengenali toko online palsu yang bisa Anda lakukan:

1. Lihat testimoninya

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk di toko online, lebih baik Anda lihat dulu testimoni para pelanggannya. Cari, apakah pernah ada pembeli yang komplain tentang kualitas barang atau yang lainnya.

Biasanya toko online yang buruk akan mendapat testimoni yang buruk juga. Namun, Anda harus waspada karena beberapa pelaku juga membuat testimoni palsu. Jadi berhati-hatilah jika akan melakukan transaksi jual-beli online.

2. Lihat harga yang ditawarkan

Anda harus mencari tahu tentang pasaran harga barang yang ingin dibeli dengan cara browsing. Lihat perbandingan harga yang ditawarkan dengan harga asli produk tersebut di pasaran. Jika perbedaan harganya jauh lebih murah, bisa dipastikan itu barang palsu.

3. Jangan mudah percaya

Anda jangan percaya begitu saja jika mendapatkan SMS atau BBM yang berisi diskon barang-barang di suatu toko online. Apalagi jika diskon yang ditawarkan bisa mencapai 70% lebih, Anda harus waspada, karena kemungkinan besar itu adalah toko online palsu.

Belanja melalui internet - Ist

Belanja melalui internet – Ist

4. Ajak ketemuan

Sebaiknya Anda tidak mudah percaya dan langsung mentransferkan sejumlah uang ke penjual. Lebih baik, Anda ajak si penjual untuk ketemuan dulu. Jika dia tidak berani dengan alasan jauh atau pun takut karena barang yang dijual itu ilegal, besar kemungkinan dia merupakan penipu.

5. Tanya alamat jelas

Untuk memastikan apakah toko online tersebut asli atau palsu, Anda bisa menanyakan alamat jelas toko tersebut. Jika mereka tidak bersedia atau tidak berani mengungkapkan alamat mereka, kemungkinan besar kalau toko online itu palsu.

Itulah beberapa cara untuk mengenali apakah toko online yang Anda kunjungi itu palsu atau asli. Semoga dengan cara-cara di atas transaksi jual-beli online Anda bisa berjalan dengan lancar dan aman.

(YG)

Comment di sini