Ciri-ciri Cawapres Idaman Jokowi

by
May 7th, 2014 at 9:32 am

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta yang juga merupakan Capres dari PDI Perjuangan, Joko Widodo hingga saat ini belum mengumumkan siapa yang menjadi Cawapresnya nanti. Lalu, seperti apa kriteria Cawapres yang diinginkan Joko Widodo?

jokowi 2013 dki jakarta

Jokowi – Merdeka.com

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan bahwa ada beberapa kriteria yang harus dimiliki cawapresnya nanti. Orang yang masuk kriteria tersebut lah yang akan didaulat menjadi cawapres Jokowi pada pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang.

PDI Perjuangan menjadi partai terkuat dalam hasil quick count atau hitung cepat pemilihan legislatif, 9 April lalu. PDI Perjuangan tercatat mendapat perolehan suara sebesar 18,90 persen. Dengan hasil tersebut, Jokowi pun dipastikan akan maju menjadi capres.

Berikut ciri-ciri cawapres idaman Jokowi:

1. Jago hukum dan mengerti ekonomi

Jokowi membocorkan bahwa kriteria cawapres pilihannya harus jago hukum dan juga mengerti ekonomi. Jokowi mengharapkan, orang yang menjadi pendampingnya nanti bisa memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia.

“Kalau bisa jago hukum tapi paham ekonomi,” ujar Jokowi usai bertemu dengan 15 Dubes di restoran Oasis, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (6/5/2014) kemarin.

2. Berasal dari luar Jawa

Jokowi juga mengaku tidak akan memilih cawapres yang satu suku dengannya. Itu artinya, cawapres idaman Jokowi itu berasal dari luar Jawa. Seperti yang diketahui, Jokowi merupakan orang asli Surakarta, Jawa Tengah.

“Kalau saya dari mana? Ya, itu berarti dari luar,” kata Jokowi.

3. Bisa laki-laki atau perempuan

Terlepas dari dua kriteria di atas, Jokowi mengaku tidak terlalu memikirkan masalah gender dan juga asal daerah. Asalkan cocok dan dianggap mampu menjadi cawapres yang baik, tidak peduli dia laki-laki atau perempuan, dia pasti akan dipilih jadi cawapres.

“Kita tidak berpikir dari Jawa atau luar, muda atau tua, laki-laki atau perempuan, kita nggak mikir itu,” tutur Jokowi.

Baca juga: PDIP Disebutkan Pilih Jokowi-Puan Maharani Untuk Pemilu 2014.

Untuk lebih pastinya, rencananya cawapres Jokowi akan diumumkan paling lambat minggu depan. Sejauh ini ada beberapa nama yang memang sering disebut-sebut pantas untuk menjadi cawapres Jokowi.

Siapa kah yang akan menjadi cawapres Jokowi?

(YG)

Comment di sini