Ciri-ciri Orang Pedofil/Paedofil

by
May 8th, 2014 at 10:50 am

CiriCara.com – Kasus kejahatan seksual terhadap anak-anak kian marak di Indonesia. Setelah kasus pelecehan seksual terhadap anak TK di Jakarta International School (JIS) terungkap, kini muncul kasus serupa yang menghebohkan masyarakat dan tentunya para orangtua.

kejahatan seksual

Ilustrasi pedofil/paedofil – Ist

Petugas Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota telah menangkap Andri Sobari alias Emon terkait kasus sodomi terhadap anak-anak. Dari hasil penyelidikan, lebih dari 100 anak sudah menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan Emon.

Baca juga: Cara Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Penyimpangan seksual yang dilakukan Emon tersebut merupakan kelainan seksual yang disebut pedofilia/paedofilia. Pelaku pedofil atau paedofil itu mempunyai kecenderungan tertarik dengan anak-anak untuk melampiaskan nafsu seksualnya.

Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait pun menjelaskan agar para orangtua lebih berhati-hati lagi dalam menjaga buah hatinya. Pasalnya, pelaku pelecehan seksual terhadap anak itu bisa berasal dari orang dekat.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan, berikut ada beberapa ciri-ciri dari orang pedofil atau pedofil:

1. Terobsesi dengan anak-anak

Anda patut waspada jika ada orang dewasa yang terlihat sangat terobsesi dengan anak-anak, bisa jadi dia merupakan orang pedofil. Dia biasanya menyasar satu anak tertentu dan akan berusaha mendapatkannya sampai dapat, layaknya pacar.

“Biasanya mereka (orang pedofil) memiliki sifat obsesif. Ia akan terus mengejar sasaran yang telah ditentukan,” jelas Arist.

pencabulan terhadap anak

Ilustrasi pelecehan seksual terhadap anak – Ist

2. Introvert dan agresif

Orang pedofil mempunyai ciri-ciri introvert atau tertutup, suka menyendiri, pendiam, dan suka mengesampingkan kehidupan sosial. Namun, sifat introvert itu didukung oleh sifat agresif, seperti mudah emosi dan mempunyai kecenderungan memaksa terhadap anak-anak.

“Mereka (pedofil) ini memiliki ciri-ciri khusus, seperti memiliki sifat agresif dan introvert,” jelas Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Ricko Amelza Dahniel.

Baca juga: Cara Agar Anak Terhindar dari Paedofil.

Dari dua ciri-ciri tersebut, masyarakat diminta untuk lebih waspada dalam menjaga anaknya. Karena beberapa orang pedofil sering melakukan aksinya dengan cara memaksa korban saat berada di tempat-tempat sepi. Jadi peran orangtua sangat penting.

(YG)

Comment di sini