Gambar “RIP Jokowi” Heboh di Facebook dan Twitter

by
May 8th, 2014 at 1:55 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Bakal calon presiden (Capres) dari PDI Perjuangan, Joko Widodo kembali diterpa kampanye hitam. Pria yang akrab disapa Jokowi ini dikabarkan telah meninggal dunia melalui sebuah gambar iklan berita dukacita di media sosial.

Jokowi

Kampanye hitam RIP Jokowi – Ist/Facebook (klik untuk memperbesar)

Gambar ucapan dukacita itu ramai diperbincangkan banyak pengguna media sosial, khususnya Facebook dan Twitter. Beberapa di antaranya mengecam gambar tersebut sebagai salah satu kampanye hitam untuk menjatuhkan Jokowi di Pemilu 2014, mendatang.

Pada gambar, di bagian paling atas terdapat sebuah tulisan “Rest In Peace” (RIP). Gambar tersebut kemudian mencatumkan tulisan yang mengumumkan “kematian” Jokowi pada Minggu, 4 Mei 2014 pukul 15.30 WIB, di usia 53 tahun.

Di posisi sebelah kiri gambar, terpampang foto Jokowi menggunakan setelan jas. Di samping foto tersebut terdapat sebuah nama “Ir. Herbertus Joko Widodo”. Nama tersebut ada juga yang dibuat versi China.

Tampilan gambar tersebut sama seperti gambar iklan pengumuman kematian yang sering dimuat di surat kabar. Dalam iklan gambar ini juga dituliskan bahwa jenazah Jokowi akan dikremasi pada hari Selasa, 6 Mei 2014. Padahal Jokowi seorang Muslim.

Parahnya lagi, terdapat nama istri Jokowi, Iriana Widodo sebagai pihak yang dikondisikan sebagai pemasang iklan. Selain itu, nama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pun ikut disebutkan dalam gambar “RIP Jokowi” tersebut.

joko widodo, jokowi

Joko Widodo – Ist

Kebanyakan pengguna media sosial menganggap gambar tersebut merupakan kampanye gelap. Mereka pun menilai hal itu sudah keterlaluan karena sebenarnya Jokowi masih sehat-sehat saja.

“Kampanye frontal. Pelecehan nih. Betapa buruk perselisihan politik di negri ini,” tulis pemilik akun Facebook Dialpha Yerico.

Ada juga yang menganggap gambar tersebut merupakan indikasi adanya rencana pembunuhan terhadap Jokowi. Namun, pihak PDI Perjuangan maupun Jokowi sendiri hingga saat ini masih belum memberikan tanggapan.

Jika melihat dari tanggal yang tercantum di gambar tersebut, isu itu dibuat pada pekan lalu. Namun sayang, hingga saat ini tidak ada yang tahu asal-usul gambar tersebut dari mana.

(YG)

Comment di sini