Cara Agar Terlepas dari Utang

by
May 9th, 2014 at 11:37 am

CiriCara.com – Semua orang tentu sudah tahu bahwa cara yang paling ampuh untuk terbebas dari utang adalah membayar utang tersebut sampai lunas. Tapi, masalahnya uang untuk membayar utang masih belum cukup. Harus bagaimana agar bisa lepas dari utang?

banyak utang

Terlilit utang – Ist

Orang memilih berutang karena beberapa faktor, di antaranya keinginan, ekonomi yang tidak memadai, dan juga kebutuhan mendesak. Untuk bisa terlepas dari utang, tentunya Anda harus mempunyai penghasilan yang lebih besar dari jumlah utang yang ada.

Utang juga bisa menjadi kebiasaan. Apabila Anda sudah terbiasa utang dan merasa utang itu adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan uang, maka Anda akan ketagihan. Orang yang semacam ini tidak akan bisa menabung dalam hidupnya.

Berikut cara agar terlepas dari utang:

1. Cari penghasilan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari penghasilan sebanyak mungkin, namun bukan dengan cara utang di bank atau orang lain. Carilah pekerjaan yang bisa memberikan Anda penghasilan. Nantinya, uang tersebutlah yang akan dipakai untuk membayar utang.

2. Jangan menunda

Kebanyakan orang memilih menunda membayar utang, meskipun saat itu tengah memegang uang yang cukup. Hindari kebiasan buruk ini, lebih baik Anda prioritaskan dulu untuk membayar utang. Karena saat memiliki uang banyak, orang cenderung jadi boros.

3. Hindari rentenir

Semendesak apapun kondisi yang sedang Anda hadapi, usahakan untuk tidak utang ke rentenir. Hal ini mencegah Anda terjerat utang yang tak kunjung lunas karena bunga yang sangat besar. Lebih baik utang ke kerabat atau orang dekat lainnya yang bebas bunga.

orang terlilit utang

Terlilit utang – Ist

4. Jangan terlena kredit

Kemudahan mendapatkan barang dengan cara kredit memang sering membuat Anda jadi terlena. Padahal hal ini tentu akan membebani keuangan keluarga Anda. Ingat! Membeli secara kredit itu sama saja dengan utang. Jadi, jangan pernah terlena dengan kredit.

5. Punya tabungan

Orang memilih utang karena sudah tidak punya dana simpanan lagi. Nah! Agar Anda bisa terlepas dari utang, makanya Anda diharuskan punya tabungan. Sekecil apapun penghasilan Anda, cobalah untuk menabung.

Semoga dengan cara-cara di atas Anda bisa segera terlepas dari beban utang. Hindari pola hidup yang boros dan juga kebiasaan berpesta. Hidup dengan sederhana lebih baik daripada hidup mewah tapi banyak utang.

(YG)

Comment di sini