Cara Bijak Menjadi Ayah Tiri yang Baik

by
May 9th, 2014 at 9:57 am

CiriCara.com – Menjadi ayah tiri bisa menjadi pengalaman yang menantang bagi seseorang. Ia harus memimpin anak-anak yang belum terbiasa dengan orang lain sebagai ayahnya dan sulit menerima. Tentu saja ayah tiri berbeda dengan ayah kandung. Hanya perannya saja yang serupa, yaitu memimpin dan mendidik anak-anak. Terkadang anak-anak tidak bisa terhubung secara emosional dengan ayah tiri, maka jika Anda akan menjadi seorang ayah pengganti ayah kandung, berikut cara agar bisa menjadi ayah yang baik untuk anak-anak seperti dikutip dari Fathers.

1. Kepemimpinan Tidak Langsung

Memimpin melalui istri / Ist

Memimpin melalui istri / Ist

Ada dua macam pengaruh dalam sebuah hubungan, yaitu kekuatan posisi dan kekuatan relasi. Sebagai seorang ayah tiri Anda mempunyai kekuatan posisi karena Anda adalah orang dewasa yang menikah dengan ibu anak-anak. Ketika hubungan Anda dengan anak-anak membaik, meski harus melalui waktu bertahun-tahun, Anda akan mendapatkan kekuatan relasi karena mereka sudah bisa memperhatikan Anda secara personal. Pendapat Anda selalu diutamakan, persetujuan Anda selalu dicari, dan kehangatan dari Anda menunjukkan diri mereka merasa aman.

Pada awalnya, ketika Anda mempunyai keterbatasan kekuatan posisi, ayah tiri yang baik akan memberi cara kepemimpinan yang tidak langsung melalui istri Anda yang telah memiliki kekuatan relasi dengan anak-anak. Bekerja di balik kepemimpinan istri terhadap anak-anak akan menciptakan batas, harapan, dan nilai untuk memimpin keluarga di rumah.

Comment di sini