Cara Membantu Anak Mengatasi Bullying

by
May 9th, 2014 at 11:38 am

CiriCara.comBullying merupakan tindakan untuk menakuti atau membahayakan orang lain. Bentuk bullying ada dua macam, kekerasan fisik dan kekerasan mental. Kekerasan fisik meliputi memukul, mendorong, atau menjambak. Sementara kekerasan mental dapat dilihat ketika anak diperolok-olok, entah itu karena perilakunya, penampilannya, atau cara berbicaranya.

Di sekolah atau tempat bermain, anak bisa menjadi target bullying oleh anak-anak lain. Alasan mengapa anak enggan masuk sekolah mungkin karena perilaku teman-temannya yang membuatnya takut dan tidak nyaman. Misalnya, ketika temannya suka mengambil makanan atau uang sakunya secara paksa sambil mengejeknya hingga menangis.

Jika Anda mendeteksi anak Anda menjadi korban bullying, Anda harus memastikan anak Anda selalu aman dan sehat. Strategi dari Healthy Children ini akan memandu Anda membantu anak mengatasi tindakan bullying di lingkungannya.

1. Jangan Hiraukan

Jangan hiraukan / Ist

Jangan hiraukan / Ist

Katakan pada anak Anda untuk tidak menghiraukan tindakan teman-temannya yang suka menindas. Tindakan pengganggu seperti suka mengintimidasi orang lain dan senang bila melihat korbannya menangis atau jengkel. Menanggapi para penggertak hanya akan membuat mereka semakin senang dan semangat. Ajarkan anak untuk tidak menanggapi dan pergi menjauh saja bila teman-temannya mulai mengganggu.

Comment di sini