Cara Merencanakan Liburan Agar Lancar

by
May 9th, 2014 at 3:36 pm

CiriCara.com – Sebelum pergi liburan, baik itu sendiri maupun bersama anggota keluarga, tentu Anda harus mempunyai perencanaan yang matang. Jangan sampai niat untuk berlibur malah batal karena tidak ada perencanaan yang baik sebelumnya. Harus bagaimana?

tips liburan

Liburan keluarga – Ist

Liburan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Karenanya, Anda harus merencanakannya dengan matang. Persiapkan semua kebutuhan yang bakal diperlukan selama liburan nanti, termasuk juga persiapan dana.

Semua manusia tentu butuh waktu untuk berlibur. Setelah lelah satu bulan penuh beraktivitas dan berkutat dengan urusan kantor, saatnya Anda dan keluarga berlibur. Pergi ke tempat-tempat pariwisata akan sangat berguna untuk menghindarkan Anda dari stres.

Namun sebelum berlibur, sebaiknya Anda melakukan perencanaan terlebih dahulu. Simak beberapa caranya berikut ini:

1. Pilih dan tetapkan tujuan

Hal pertama yang harus Anda rencanakan adalah tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Rundingkan dan diskusikan dengan semua anggota keluarga yang akan ikut berlibur. Dengan demikian Anda tidak akan bingung dalam menetapkan pilihan.

2. Tujuan cadangan

Selain menetapkan tujuan utama, Anda juga harus merundingkan tujuan cadangan. Hal ini menghindari jika ternyata tempat wisata yang ingin dituju sudah penuh ataupun jalannya terlalu macet. Dengan tempat wisata cadangan ini, Anda tidak perlu membatalkan liburan. Cukup dengan mengalihkan arah perjalanan, maka liburan Anda sekeluarga pun akan tetap lancar.

3. Perkiraan biaya

Anda juga harus merencanakan keuangan untuk berlibur. Cari informasi mengenai harga tiket wisata, biaya sewa hotel, biaya makan, dan informasi biaya liburan lainnya. Anda bisa melakukan survei melalui teman ataupun media di internet. Dengan demikian, Anda dan keluarga bisa mulai mengumpulkan dana untuk liburan mulai dari sekarang.

persiapan liburan

Pergi liburan – Ist

4. Alat transportasi

Untuk bisa sampai ke tempat tujuan, Anda tentunya membutuhkan alat transportasi. Pilih mana yang paling tepat dan hemat, pesawat terbang, kereta, bus, dan transportasi pribadi, mobil atau motor. Perhatikan juga beberapa faktor penghambat perjalanan Anda, misalnya macet, cuaca buruk, dan juga ongkos.

5. Kesehatan tubuh

Hal yang terpenting dari semua hal di atas adalah kesehatan anggota keluarga. Agar rencana liburan tidak dibatalkan, pastikan kesehatan semua anggota keluarga harus terjaga baik sebelum pergi maupun saat sedang liburan. Jika anak Anda sering sakit, ada baiknya Anda membawa obat-obatan sebagai pertolongan pertama.

Itulah beberapa cara untuk merencanakan liburan agar tetap lancar tanpa terkendala suatu masalah apapun. Semoga liburan keluarga Anda bisa aman, nyaman, dan tentunya berjalan dengan lancar.

(YG)

Comment di sini