Ciri-ciri Orang Yang Rentan Terkena Radang Otak

by
May 9th, 2014 at 9:54 am

CiriCara.com – Radang otak sangat mengancam nyawa seseorang, terutama bayi dan anak-anak. Namun, orang dewasa pun tak lepas dari ancaman penyakit yang cukup mematikan ini. Karenanya, Anda harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

radang selaput otak

Ilustrasi radang otak – Ist

Baru-baru ini, presenter sekaligus komedian Olga Syahputra pun dikabarkan menderita penyakit radang otak atau meningitis (peradangan yang terjadi di selaput otak). Hingga saat ini, Olga pun masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit.

Belajar dari kasus penyakit Olga, tentu kita bertanya-tanya siapa saja yang sebenarnya rentan terkena penyakit radang otak atau radang selaput otak. Kenapa orang dewasa seperti Olga pun bisa ikut terserang penyakit yang mengakibatkan rasa pusing tak tertahankan itu.

Berikut ciri-ciri orang yang rentan terkena penyakit radang otak atau meningitis:

1. Dilihat dari usia

Meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri rentan terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Namun, saat ini meningitis rentan terjadi pada usia 15 bulan sampai 25 tahun. Itu artinya, semua orang yang berada di kisaran usia tersebut masih rentan terkena radang otak. Apalagi jika dibarengi dengan pola hidup yang tidak sehat.

2. Tinggal di hunian pada penduduk

Orang yang tinggal di hunian padat penduduk rentan terkena penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus. Hal ini terjadi karena penyebaran penyakit ini menjadi lebih cepat bila sekelompok orang berkumpul. Risiko yang sama pun ada pada para siswa yang tinggal di asrama dan juga personil yang tinggal di pangkalan militer.

3. Ibu hamil

Meningitis rentan menyerang ibu hamil. Hal ini terjadi pada ibu hamil mengalami kontraksi listeriosis, yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria. Bakteri itu lah yang memicu meningitis, termasuk pada janin yang belum lahir pun akan berisiko terkena. Karenanya disarankan untuk rajin periksa ke dokter terutama bagi ibu hamil yang memiliki listeriosis.

olga

Olga Syahputra sakit radang otak – Ist

4. Bekerja di lingkungan yang berhubungan dengan hewan

Pekerjaan yang selalu berhubungan dengan hewan, seperti peternak, juga memiliki risiko tinggi terserang meningitis. Hal ini karena penyebaran bakteri listeria itu bisa terjadi di lingkungan yang berhubungan dengan hewan.

5. Punya daya tahan tubuh lemah

Orang yang punya kekebalan tubuh lemah sangat rentan terkena meningitis. Beberapa di antaranya adalah, bayi lahir prematur dan berat lahir rendah, bayi yang diberi ASI sebentar atau sedikit (kurang dari 2 tahun), orang yang sering terpapar asap rokok, orang yang sering mengalami infeksi virus di saluran pernapasan, penderita penyakit kronis (kanker, diabetes, dan penderita HIV), serta pengguna obat immunosuppresan.

Bagi Anda yang masuk di salah satu ciri di atas, sebaiknya Anda harus lebih waspada lagi dalam menjaga kesehatan tubuh. Terapkan pola hidup sehat agar Anda dan keluarga bisa mencegah penyakit meningitis itu datang.

(YG)

Comment di sini