5 Cara Alami Mengatasi Eksim

by
May 12th, 2014 at 9:41 am

CiriCara.com – Jika Anda hobi berenang di kolam renang yang airnya mengandung kaporit dan tidak memperhatikan cara merawat kulit setelah berenang, Anda harus waspada akan satu hal, yakni eczema atau eksim. Eksim adalah iritasi kulit yang menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, kering, bahkan hingga pecah-pecah dan mengelupas. Penyebab eksim ini bervariasi, yaitu faktor genetik, kekebalan tubuh, lingkungan, aktivitas, dan kelembaban tubuh.

Kebanyakan penderita eksim akan memilih jalur pengobatan seperti penggunaan pil, krim, dan steroid. Padahal perubahan gaya hidup dan pola makan juga berpengaruh pada kondisi kulit. Mengurangi stres dan melakukan olahraga dapat mencegah terjadinya eksim. Namun hindari pula terlalu banyak berkeringat sebab keringat bisa menjadi pemicu timbulnya eksim. Oleh sebab itu, usahakan untuk segera mandi setelah selesai berolahraga.

Pemilihan makanan yang tepat dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji, gula, dan pemanis buatan berpengaruh pula pada kulit. Beralihlah pada makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan tuna dan salmon, telur, alpukat, dan kacang tanah organik.

Selain cara yang disebutkan sebelumnya, ada penyembuhan alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak akan menimbulkan efek samping. Berikut 5 bahan alami yang dapat mengatasi eksim.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa / Ist

Minyak kelapa / Ist

Kandungan anti-virus dan anti-bakteri pada minyak kelapa terbukti dapat mengatasi eksim dan melindungi kulit dari infeksi sekaligus menyejukkan kulit kering dan mengurangi inflamasi. Oleskan minyak kelapa tipis-tipis pada bagian kulit yang bermasalah, lalu radang kulit akibat eksim sedikit demi sedikit akan berkurang.

Comment di sini