Cara Agar Power Bank Anda Lebih Awet

by
May 13th, 2014 at 1:27 pm

CiriCara.com – Power bank sudah menjadi salah satu barang yang wajib dibawa bagi para pengguna smartphone. Barang elektronik yang satu ini memang sangat membantu, terutama jika di perjalanan ternyata smartphone Anda kehabisan baterai.

power bank

Power Bank tetap awet – Ist

Sama seperti alat elektronik lainnya, ketahanan power bank akan berkurang seiring dengan lamanya penggunaan. Apalagi jika power bank itu digunakan dengan cara yang salah, pasti akan jadi lebih cepat rusak. Anda pun harus membeli power bank yang baru.

Tidak mau power bank yang baru Anda beli jadi cepat rusak? Makanya perhatikan cara merawat dan juga penggunaannya. Jangan sampai Anda salah dalam menggunakan power bank karena hal itu bisa mempercepat kerusakannya.

Berikut cara agar power bank jadi lebih awet:

1. Kapasitas 2 kali lipat

Minimal Anda memilih power bank yang memiliki kapasitas 2 kali lipat dari kapasitas baterai. Misalnya baterai smartphone berukuran 1200mAh, maka Anda harus membeli power bank yang mempunyai kapasitas 2400mAh atau lebih. Dengan demikian, satu kali pengisian power bank bisa digunakan untuk charger smartphone dua kali. Jadi Anda tidak perlu repot.

2. Cara mengisi power bank

Agar baterai smartphone Anda bisa terisi dengan optimal, maka perhatikan cara mengisi power bank yang benar. Isi power bank hingga benar-benar terisi penuh. Karena power bank yang tidak penuh akan membutuhkan waktu lama saat mengisi baterai ponsel, sehingga bisa memicu panas dan jadi cepat rusak. Jadi pastikan power bank Anda terisi penuh.

3. Jangan terjatuh atau terbentur

Power bank tidak dirancang sebagai perangkat yang tahan banting ataupun benturan. Karenanya jangan sampai power bank Anda terjatuh ataupun terbentur dengan keras. Jika sampai terjatuh atau terbentur, ini tentu saja akan berpengaruh pada keawetan power bank.

CiriCara: Cara Menghemat Baterai iPhone4. Pakai sesuai keperluan

Gunakan power bank sesuai dengan fungsinya. Jika memang Anda masih dapat terhubung dengan listrik, maka sebaiknya langsung gunakan charger untuk mengisi baterai smartphone. Lebih baik gunakan power bank hanya untuk keadaan darurat. Memakai power bank terlalu sering bisa membuatnya jadi cepat rusak.

5. Simpan di tempat yang tepat

Jangan simpan atau letakkan power bank di tempat yang terlalu panas atau pun terlalu dingin. Pasalnya, komponen power bank itu tidak bisa bertahan di tempat yang bersuhu ekstrim (terlalu panas/dingin). Lebih baik simpan di tempat yang memiliki suhu ruangan.

Itulah beberapa cara agar power bank Anda jadi lebih awet. Pakai lah power bank sesuai dengan fungsinya agar bisa tetap awet dan bermanfaat untuk Anda.

(YG)

Comment di sini