Cara Menjaga Bentuk Payudara Agar Tidak Turun

by
May 13th, 2014 at 3:26 pm

CiriCara.com – Wanita memiliki bentuk payudara yang indah dan sempurna pada usia 20an. Namun sayangnya, bentuk payudara akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Mengapa? Dikutip dari Her Campus, menurut Dr. Fardad Farouzanpour, ahli bedah plastik sekaligus pendiri Beverly Hills Cosmetic Surgical group, penurunan payudara adalah sebuah proses biologis.

Payudara terdiri dari sel lemak, saluran susu, kelenjar susu, dan sendi cooper. Ketika umur wanita bertambah tua, kelenjar susu pada payudara akan digantikan oleh jaringan lemak. Namun, faktanya adalah penurunan bentuk payudara bisa dialami pada usia berapapun. Bahkan remaja bisa pula mengalaminya jika bentuk payudara terlalu besar atau orang tersebut menderita obesitas.

Pada dasarnya alasan mengapa payudara menjadi turun tidak hanya disebabkan faktor biologis. Faktor lain dari luar pun mempengaruhi perubahan bentuk buah dada, yaitu gravitasi, kelebihan berat badan, penurunan berat badan, kehamilan, menyusui, dan merokok.

Kondisi payudara yang turun dan menggelambir ini adalah sebuah peristiwa yang tidak dapat dihindarkan. Namun kita dapat mengusahakan agar penurunan ini dapat diperlambat sehingga payudara tetap sehat dan lebih tahan lama pada bentuk yang bagus. Berikut cara pencegahannya:

1. Pakai Sport Bra

Sport bra / Ist

Sport bra / Ist

Jika akan melakukan olahraga seperti berlari, bermain tenis, atau latihan gerakan ringan di dalam kamar, sebaiknya gunakan sport bra yang mendukung agar payudara tidak mudah terpelanting. Gerakan payudara yang naik turun pada saat jogging misalnya, akan meregangkan kulit sehingga mudah membuat payudara turun. Pilihlah sport bra yang tepat untuk olahraga, yakni tali yang mudah diatur, garis tepi bra yang melingkar menutupi bagian bawah dan sisi payudara, dan ukuran bra yang bervariasi (bukan dalam ukuran XS-XXL).

Comment di sini