Ciri-ciri Anak Memiliki Asupan Gizi yang Baik

by
May 13th, 2014 at 11:21 am

CiriCara.com – Sebagai orangtua, Anda tentunya harus selalu memperhatikan asupan gizi si kecil. Karena pertumbuhan dan perkembangan anak itu sangat dipengaruhi oleh asupan gizi yang diberikan setiap harinya. Apakah anak Anda sudah mendapat asupan gizi yang baik?

anak yang sehat

Ciri anak sehat – Ist

Anak yang punya asupan gizi baik maka dia akan tumbuh jadi anak yang sehat. Tumbuh kembangnya pun akan berjalan dengan baik. Mulai dari postur tubuh, kekebalan tubuh, dan juga kulit si kecil akan terlihat lebih sehat.

Baca juga: Ciri dan Penyebab Anak Kurang Gizi.

Semua orangtua tentu mengharapkan agar anaknya bisa tumbuh sehat, cerdas, dan ceria. Untuk itu, Anda tentu harus memperhatikan asupan gizi si kecil. Jangan sampai pertumbuhan si kecil tidak maksimal karena asupan gizi yang kurang.

Berikut ciri-ciri anak memiliki asupan gizi yang baik, seperti dikutip dari Kompas:

1. Bertambah umur, bertambah pula berat dan juga tinggi badannya.

2. Postur tubuh tegap dan otor padat. Pertumbuhan dan perkembangan postur tubuh diukur dengan cara berdiri tegak. Pertumbuhan otot diukur dari lingkar lengan atas yang sesuai dengan usianya.

3. Rambut berkilau dan kuat. Ini menandakan bahwa anak Anda mendapat asupan makronutrien, seng, serta vitamin C dan E yang cukup.

4. Kulit serta kuku bersih dan tidak pucat. Ini menandakan anak itu cukup asupan vitamin A, C, dan E. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit si kecil agar tidak bersisik.

5. Wajah ceria, mata bening, dan bibir segar. Ini menunjukkan bahwa kejiwaan anak Anda baik. Anak juga akan jadi lebih aktif berkomunikasi dan mau berteman.

6. Gigi bersih dan gusi merah muda. Ini artinya, anak Anda memiliki kecukupan asupan niasin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B12.

7. Nafsu makan baik dan buang air besar teratur. Ini menandakan bahwa sistem pencernaan dalam tubuh anak Anda berjalan dengan baik dan sehat.

anak masuk tk

Pendidikan anak – Ist

8. Anak bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur. Ini menandakan bahwa anak Anda memiliki fungsi motorik yang sehat.

9. Penuh perhatian dan bereaksi aktif. Apabila anak Anda bersikap penuh perhatian saat dijelaskan sesuatu hal dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, ini menandakan dia akan menjadi anak yang cerdas dan sehat.

10. Dapat tidur nyenyak. Jika anak Anda bisa tidur nyenyak, itu artinya gizi anak tercukupi dengan baik. Karena faktor gizi juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur si kecil.

Kebutuhan gizi untuk si kecil memang sangat banyak, dan tugas Anda sebagai orangtua adalah harus mencukupinya. Karena hal itu bisa berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Bagaimana, apakah anak Anda mempunyai ciri-ciri di atas?

(YG)

Comment di sini