Kamu Lebih Dominan Mana: Otak Kanan atau Kiri?

by
May 13th, 2014 at 2:19 pm

CiriCara.com – Mendengar kata ‘otak kiri’ dan ‘otak kanan’ pastinya sudah tidak asing lagi. Ya, otak manusia terdiri dari berbagai macam dan salah satunya terdapat otak kanan dan otak kiri. Tapi tahukah kamu, cara berfikir orang dengan otak kiri dan otak kanan berbeda dan kamu termasuk dominan menggunakan yang mana?

otak manusia

Ilustrasi otak – Ist

Roger W Sperry mengemukakan bahwa otak manusia terdiri dari belahan kiri dan kanan. Dimana masing-masing belahan otak tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Tugas belahan kiri paling utama adalah untuk bahasa (verbal) termasuk kata-kata, logika, matematika , urutan analisis, dan lain-lain. Sedangkan tugas belahan kanan befungsi selain dari bahasa (nonverbal) yang meliputi kreativitas, irama, kesadaran ruang, imajinasi, melamun, warna, dan lain-lain.

Kamu termasuk dominan menggunakan yang mana?

1. Kalau dominan menggunakan otak kiri; biasanya akan memilih sesuatu yang berurutan, belajar lebih baik dari bagian-bagian kemudian keseluruhan, lebih memilih sistem, menyukai kata-kata simbol dan huruf, lebih membaca subyeknya lebih dahulu, mau membagi informasi fakta yang berhubungan, lebih memilih instruksi yang berurutan secara detail.

2. Kalau kamu dominan menggunakan otak kanan; biasanya akan merasa lebih nyaman dengan sesuatu yang acak, paling baik belajar dari keseluruhan kemudian bagian-bagian, lebih memilih sistem membaca seluruh bahasa, menyukai gambar, grafik dan diagram, lebih memilih melihat atau mengalami subyeknya lebih dulu, mau berbagai informasi tentang hubungan antara segala sesuatu, lebih memilih spontan, lingkungan belajar yang mengalir, suka dengan adanya kejutan.

Lalu, otak bagian mana yang paling sering dipakai orang Indonesia? Terutama di bidang pendidikan?

Comment di sini