5 Cara Sehat Makan Cokelat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

by
May 14th, 2014 at 9:41 am

CiriCara.com – Siapa yang tidak suka cokelat? Hampir semua orang suka cokelat, yah, kecuali bagi mereka yang mempunyai alergi terhadap cokelat. Buku S.A.S.S! Yourself Slim: Conquer Cravings, Drop Pounds and Lose Inches karya ahli gizi asal New York Cynthia Sass, MPH, RD, menerangkan bahwa dark chocolate adalah makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Alasannya adalah cokelat hitam merupakan salah satu makanan sehat yang dapat mengurangi tekanan darah, melindungi jantung, dan menekan keinginan akan makanan manis, asin, dan berlemak.

Beberapa manfaat lain dari cokelat hitam adalah:

  • Mengandung magnesium, yakni mineral yang dapat membantu meredakan gejala PMS seperti kram, retensi air, lelah, depresi, dan sensitif.
  • Terdapat antioksidan yang sama seperti anggur merah dan teh dengan manfaat meningkatkan aktivitas otak.
  • Cokelat hitam membantu menyeimbangkan tubuh yang berkaitan dengan stres dan mengurangi hormon stres secara signifikan.
  • Mengandung kafein namun jumlahnya tidak banyak.
  • Senyawa pelindung alami yang ada pada cokelat membantu mencegah kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah arteri sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Ternyata cokelat mempunyai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda penyuka coklat namun takut gemuk karena kalori pada gula di dalamnya, berikut cara sehat makan cokelat yang dapat memuaskan selera Anda akan cokelat sekaligus tetap memberikan efek positif pada kesehatan yang sudah dirangkum dari situs Health.

1. Jadikan Minuman

chocolate smothie / All Nutribullet Recipes

chocolate smothie / All Nutribullet Recipes

Selain menambahkan choco chips atau parutan coklat ke dalam minuman, Anda juga bisa membuat minuman dari bubuk cokelat tanpa pemanis. Pilihlah bubuk cokelat non-Dutched murni. Dutching atau alkalizing adalah proses kimiawi yang menurunkan keasaman sehingga coklat tidak terlalu pahit. Namun ini juga menunjukkan pengurangan kandungan antioksidan pada cokelat. Ketika menjadikan cokelat bubuk yang pahit sebagai minuman, tambahkan buah-buahan sebagai pemanis, misalnya buah cherry, untuk menyeimbangkan rasa.

Comment di sini