Cara Berhemat Untuk Anak Kost

by
May 14th, 2014 at 1:40 pm

CiriCara.com – Kehidupan anak kost memang serba pas-pasan dan bahkan ada juga yang sampai kekurangan. Jangankan untuk pergi pacaran bareng gebetan, untuk makan saja harus berpikir dua kali agar uang yang ada bisa bertahan sampai 1 bulan atau setidaknya sampai ada kiriman dari bapak/ibu.

hemat anak kost

Hidup hemat – Ist

Sebagai anak kost yang baik, tentunya kamu harus bisa berhemat. Jangan mentang-mentang ada orangtua yang menjadi donatur, lalu kamu malah foya-foya. Cobalah untuk menjadi anak yang prihatin dan bisa hidup hemat selama menjadi anak kost yang jauh dari orangtua.

Namun, banyak yang bilang kalau menjadi anak kost itu susah buat hemat. Ada saja godaan yang menjadikan anak kost itu hidup boros dan bahkan sampai utang di Warteg. Apakah kamu juga sedang mengalami susahnya menjadi anak kost?

Berikut cara berhemat untuk anak kost:

1. Manfaatkan teman

Carilah teman yang rumahnya dekat dengan kampus tempat kamu kuliah. Dekati dia sampai kalian akrab bagaikan saudara kembar. Jika sudah akrab, kamu bisa sesekali main ke rumahnya, terutama di jam-jam makan, seperti makan siang atau makan malam.

Kamu bisa datang dengan alasan mau pinjam buku atau yang lainnya. Jika kamu datang disaat keluarga teman kamu sedang makan, dijamin kamu bakalan ditawarin makan bareng. Dengan demikian kamu bisa menghemat pengeluaran buat makan di Warteg.

2. Hadiri acara ulang tahun

Kalau ada teman yang mau ngerayain ulang tahun, usahain kamu harus hadir, nggak peduli diundang atau nggak. Dengan cara ini kamu bakalan makan gratis dan nggak perlu lagi ngeluarin duit untuk beli makan. Untuk kadonya, kamu cukup bungkusin kartu ucapan bikinan sendiri saja, kan gratis!

3. Nge-kost rombongan

Bukan cuma hajatan yang bisa rombongan, nge-kost juga bisa rombongan. Kamu bisa berbagi kamar kost dengan 3 teman atau lebih, semakin banyak semakin baik. Nanti, uang kost bisa dibayar dengan cara patungan dan tentunya akan jauh lebih hemat ketimbang nge-kost sendirian. Walau tidur mirip korban banjir, yang penting kamu bisa tetap hemat.

uang gaji numpang lewat

Uang gaji – Ist

4. Pacari anak yang punya kost

Dengan memacari anak yang punya kost, kamu bisa minta diskon 50 persen. Bilang sama pacar kamu itu, “Aku istimewa nggak buat kamu? Kalau istimewa, berarti bayar kost-nya 50 persen aja ya. Kalau nggak didiskon, pokoknya aku minta putus!!”. Kalau mau yang gratis 100 persen, langsung saja pacarin yang punya kost-nya. Ha ha ha

5. Anak kost minta pulsa

Cara ini mirip dengan modus penipuan mama minta pulsa, bedanya kali ini dilakukan oleh anak kost. Biasanya orang yang paling sering menjadi korban adalah pacar atau gebetan. “Kok kamu nggak pernah nelpon aku sih?”, “aku nggak punya pulsa”. Kring… Nomor Anda telah diisi pulsa Rp 5 ribu. “Terima kasih ya sayang”. Modus!!

Bagaimana, apakah kamu masih punya trik atau cara berhemat yang cocok untuk anak kost? Silakan tulis di kolom komentar.

(YG)

Comment di sini