Cara Membuat Kue Kuping Gajah

by
May 14th, 2014 at 4:58 pm

CiriCara.com – Kuping gajah yang dimaksud bukanlah telinga gajah, tapi kue kuping gajah. Jajanan yang satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih bertahan hingga sekarang. Jajanan kuping gajah ini memang masih cukup digemari banyak orang.

kuping gajah

Kue Kuping Gajah – Ist

Kue kuping gajah ini mempunyai tekstur yang renyah dan rasanya manis. Perpaduan warna cokelat dan putih membuat kue kuping gajah ini semakin menggoda selera. Sangat cocok untuk camilan ataupun hidangan untuk para tamu.

Anda bisa membeli kue kuping gajah ini di sejumlah toko makanan. Tapi, Anda juga bisa kok membuat kue kuping gajah di rumah. Cara membuatnya gampang dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk didapat.

Berikut cara membuat kue kuping gajah:

Resep Kuping Gajah

Bahan:
- 300 gram tepung terigu, ayak agar halus
- 2 sendok makan margarin
- 75 gram gula bubuk/bisa juga pakai gula pasir
- ½ sendok teh garam
- ¼ sendok teh vanili bubuk
- 1 butir telur ayam
- 75 ml santan kental, masak sebentar dinginkan.
- 1 ½ sendok makan cokelat bubuk
- Minyak secukupnya, untuk menggoreng

kue kuping gajah

Cara menggulung adonan dan mengiris kue kuping gajah – Ist berandadevi.blogspot.com

Cara membuat:

1. Campur terigu, margarin, gula, garam, dan vanili dalam satu wadah. Aduk-aduk sampai tercampur rata.

2. Tambahkan telur, aduk sambil dituangi santan sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis (tidak lengket di tangan).

3. Ambil ¼ bagian adonan, taruh di wadah berbeda. Tambahkan cokelat bubuk, aduk-aduk hingga warnanya berubah jadi cokelat merata. Sementara adonan yang satunya biarkan tetap berwarna putih.

4. Giling adonan putih hingga ketebalan 2 mm. Lakukan cara yang sama untuk adonan warna cokelat. Setelah tipis, tumpuk adonan cokelat di atas adonan putih. Gulung sambil perlahan ditekan agar adonan menempel satu sama lain. Diamkan selama 2 jam dalam lemari pembeku hingga adonan keras.

5. Setelah didiamkan, sekarang iris tipis adonan yang sudah digulung tadi setebal 1 mm. Sebaiknya gunakan pisau yang tajam agar adonan tidak rusak saat diiris (lakukan cara yang sama sampai adonan habis). Giling kembali adonan yang sudah diiris secara perlahan agar terlihat menyatu (antara cokelat dan putih).

6. Masukkan adonan yang sudah diiris tadi ke dalam minyak panas. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan atau sampai matang, angkat dan tiriskan sampai minyaknya hilang.

7. Kue kuping gajah siap untuk dinikmati. Untuk menjaga kerenyahannya, sebaiknya simpan di tempat yang kedap udara.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini