Cara Menghindari Konflik dengan Rekan Kerja

by
May 14th, 2014 at 10:22 am

CiriCara.com – Ribut atau bertengkar dengan rekan kerja sudah menjadi hal yang biasa di dunia kerja. Konflik antar rekan kerja itu bisa terjadi karena kesalahpahaman atau pun karena perbedaan pendapat. Tidak mau terlibat pertengkaran di tempat kerja?

berantem di tempat kerja

Bertengkar – Ist

Sebagai seorang pekerja, tentunya Anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan para pekerja lainnya. Jangan sampai Anda menjadi musuh dari semua rekan kerja, karena bisa saja Anda akan dikucilkan dan tidak punya teman.

Merasa kesal dengan rekan kerja itu boleh saja. Namun, usahakan jangan meluapkan kekesalan Anda itu di tempat kerja. Selain bisa merusak pencitraan Anda sebagai karyawan teladan, bertengkar di tempat kerja juga hanya akan membuat Anda malu sendiri.

Berikut cara menghindari konflik dengan rekan kerja:

1. Memahami karakter

Pahami dulu karakter rekan kerja Anda. Dengan mengetahui karakter rekan kerja, Anda bisa melakukan upaya-upaya pencegahan agar tidak muncul konflik. Misalnya, dia suka mencuri ide, maka Anda harus lebih berhati-hati dan jangan pernah curhat dengan dia.

2. Jangan bergosip

Mulutmu, harimaumu! Sebaiknya Anda menghindari gosip. Jangan pernah bergosip dengan menceritakan semua kejelekan rekan kerja Anda. Karena bisa saja orang yang Anda ajak bergosip itu malah melaporkan semua perkataan Anda ke rekan kerja. Hal ini tentu berbahaya!

3. Mau mendengarkan

Saat beradu pendapat dengan rekan kerja, usahakan Anda juga mau mendengarkan. Jangan hanya memaksakan pendapat sendiri, Anda juga harus mendengar pendapat rekan kerja. Dengan demikian, perdebatan Anda dengan rekan kerja tidak akan berujung konflik.

CiriCara: Ciri-ciri Rekan Kerja Yang ‘Berbahaya’4. Curhat ke orang rumah

Daripada curhat ke orang kantor dan malah rentan bocor ke rekan kerja, lebih baik Anda curhat ke orang rumah. Curahkan semua kekesalan Anda kepada rekan kerja dengan curhat ke pacar atau anggota keluarga terdekat Anda. Dengan demikian Anda akan merasa sedikit lebih tenang.

5. Bersabar

Cara terbaik untuk menghindari konflik dengan rekan kerja adalah bersabar. Setiap kali Anda akan marah, cobalah untuk belajar menenangkan diri. Ingat! Emosi tidak akan bisa menyelesaikan masalah, yang ada justru masalah baru akan muncul. Jadi bersabarlah!

Itulah beberapa cara agar Anda bisa menghindari konflik dengan rekan kerja. Semoga dengan cara-cara di atas hubungan Anda dengan rekan kerja akan tetap berjalan dengan baik dan damai.

(YG)

Comment di sini