Ciri Karakter Anak Berdasarkan Urutan Lahir

by
May 14th, 2014 at 11:14 am

CiriCara.com – Meskipun lahir dari ibu yang sama, masing-masing anak mempunyai karakter yang berbeda-beda. Mulai dari anak pertama sampai anak terakhir, karakter mereka pasti berbeda. Hal inilah yang harus orangtua pahami dan mengerti baik-baik.

anak-anak

Urutan lahir anak – Ist

Sering kali banyak para orangtua yang selalu membanding-bandingkan sifat anak dengan kakak atau adiknya. Padahal sudah jelas bahwa mereka itu mempunyai karakter yang berbeda. Jangan sampai anak Anda marah karena terus-terusan dibandingkan.

Mendidik anak dengan cara membanding-bandingkan dengan orang lain atau kakak-adiknya itu bukan cara yang tepat. Yang ada si anak malah menganggap Anda ini tidak sayang dan tidak mau bersyukur memiliki anak seperti dia.

Agar tidak salah memperlakukan anak, berikut ada beberapa ciri karakter anak berdasarkan urutan lahir:

1. Anak pertama (sulung)

Punya motivasi yang tinggi, namun rentan terhadap stres jika terus-terusan ditekan orangtua. Anak sulung suka menjadi pusat perhatian. Untuk mendidik anak sulung, Anda hanya perlu memberikan perhatian lebih.

Motivasi dari orangtua akan mampu menyulut semangat anak sulung untuk jadi berprestasi. Karenanya, Anda disarankan untuk lebih banyak memberikan motivasi kepada anak ketimbang menetapkan target yang hanya akan membuat dia tertekan.

2. Anak tengah

Terkenal lebih ramah namun paling rentan terhadap tindakan nakal. Mereka juga memiliki perasaan sebagai “outsider”. Pandai melihat situasi, lebih mandiri, mudah beradaptasi, dan lebih mudah belajar dari kesalahan orang lain (kakak dan adiknya).

Anak tengah cenderung lebih mudah diatur, sehingga sering terabaikan. Yang dia perlukan hanya perhatian dan motivasi sebagai dorongan penyemangat untuknya. Anak tengah ini juga lebih mudah menerima nasihat orangtua.

3. Anak terakhir (bungsu)

Menunjukkan tingkat tertinggi dalam hal sosialisasi dan empati. Mereka juga paling memberontak dan suka melawan. Mudah terprovokasi oleh kakaknya dan mempunyai sifat yang manja karena dirawat tidak hanya oleh orangtua tapi juga kakak-kakaknya.

Anak bungsu lebih membutuhkan perhatian dan juga penyemangat dari orangtuanya. Jangan hanya berkaca pada kakaknya, Anda harus punya penilaian tersendiri pada anak bungsu. Dia juga paling tidak suka jika dibanding-bandingkan dengan kakaknya yang berprestasi.

biaya pendidikan anak

Pendidikan anak – Ist

4. Anak tunggal

Punya sifat keras karena merasa anak satu-satunya, manja, suka berontak, dan cenderung merasa kesepian. Dia juga terkadang merasa iri dengan temannya yang memiliki kakak atau adik yang bisa diajak bermain di rumah.

Perhatian dan juga bimbingan dari orangtua sangat dibutuhkan oleh anak tunggal. Karenanya, Anda sebagai orangtua harus bisa memberikan perhatian lebih kepadanya. Namun ingat! Perhatian yang dimaksud bukanlah memanjakannya.

Sebagai orangtua yang baik, Anda harus bisa mengenali karakter masing-masing anak. Dengan mengenali karakter mereka, maka Anda akan tahu cara yang tepat untuk mendidik mereka hingga jadi anak yang berprestasi.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini