Manfaat 5 Minyak Alami Untuk Kecantikan

by
May 14th, 2014 at 2:41 pm

CiriCara.com – Kita sudah sering mendengar atau membaca berbagai resep masker alami yang terbuat dari berbagai macam bahan alami termasuk minyak-minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Wanita dari banyak negara, bahkan seorang ratu Mesir Cleopatra pun, mempercayakan perawatan kulit dan kecantikan mereka pada minyak alami yang manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Selain untuk kecantikan kulit, minyak-minyak tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi secara alami berbagai permasalahan dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Untuk rutinitas perawatan wajah, minyak alami ini bisa digunakan sebagai pengganti dari berbagai macam produk perawatan kulit yang kebanyakan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti paraben, SLS, dan SLES. Jadi, minyak alami bisa menjadi penolong bagi mereka yang memiliki kulit sangat sensitif.

Minyak-minyak apa saja yang dapat Anda gunakan sebagai perawatan wajah dan kulit?

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun / Ist

Minyak zaitun / Ist

Minyak zaitun biasa digunakan untuk memasak atau ditambahkan pada makanan seperti salad. Tapi minyak zaitun telah lama digunakan sebagai obat alami di beberapa negara Mediterania, tempat asal tanaman zaitun ini. Di Mesir, minyak zaitun dipakai sebagai campuran pada kosmetik.

Jenis minyak zaitun yang paling baik digunakan untuk merawat kulit adalah Extra Virgin Olive Oil (EVOO), yakni minyak yang dihasilkan pada proses awal penyulingan. Manfaat minyak zaitun ini sangat banyak bagi kulit. Minyak zaitun bekerja sebagai moisturizer untuk kulit kering bahkan sangat kering. Antioxidant seperti vitamin A dan E di dalamnya dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan lingkungan. Hydroxytyrosol bersama dengan vitamin E dapat mencegah tanda-tanda penuaan dan memberikan kulit yang awet muda.

Squalene pada minyak zaitun juga dapat mengurangi selulit karena dapat meningkatkan elastisitas kulit. Gunakan minyak zaitun untuk memijat bagian kulit yang keriput dan mengerut. Pemijatan ini dapat melancarkan peredaran darah sehingga membuat kulit menjadi sehat, lembut, dan bercahaya.

Bagi pemilik kulit yang sensitif dengan zat kimia pada produk pasaran, minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai makeup remover untuk menghapus makeup yang tahan air sekalipun seperti maskara dan eyeliner. Meski kelihatan sangat berminyak, minyak zaitun tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan kulit jadi bermasalah.

Comment di sini