Pentingnya Cuci Muka dan Ini Caranya Yang Benar

by
May 15th, 2014 at 9:40 am

CiriCara.com – Mencuci muka adalah hal yang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan, namun manfaatnya sangatlah besar bagi kesehatan kulit muka kita. Menurut dr. Monika Hadimuljono, SpKK, seorang dokter spesialis di sebuah klinik spesialis kulit yang terkemuka di Indonesia, sebaiknya cuci muka dilakukan minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari, dan maksimal dilakukan empat kali sehari. Alangkah baiknya jika pada siang hari juga cuci muka untuk menjaga kesegaran wajah.

mencuci wajah

Cuci muka – Ist

Cuci muka harus menggunakan air bersih dan sabun muka dengan PH atau tingkat keasaman yang seusai dengan kulit muka kita. Setelah itu, lebih baik dikeringkan dengan handuk bersih, jangan menggunakan tissue untuk menghindari debu tissue menempel pada kulit muka. Penting juga diingat untuk tidak memegang-megang muka dengan tangan yang kotor.

Beberapa manfaat cuci muka adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan kotoran, debu, minyak dan keringat.

Setelah seharian beraktivitas di luar, tentunya kotoran, debu, minyak, dan keringat akan menempel pada kulit muka kita. Cuci muka sangatlah berguna untuk membersihkan kulit muka kita dari kotoran, debu, minyak, dan keringat yang dapat membuat masalah pada kulit wajah.

2.  Membersihkan Make-Up

Untuk para wanita yang memakai produk kosmetik seperti foundation, concealer, bedak, bronzer, dan juga blush on, sangatlah wajib untuk menghapus make up dengan make up remover dan tentunya cuci muka dengan sabun untuk menghilangkan bekas-bekas make-up di wajah. Cuci muka dilakukan agar produk make-up tidak menempel di wajah dan menutupi pori-pori, yang akan membuat kulit wajah tidak bisa bernafas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum cuci muka:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan karena tangan kita bisa kotor dan berminyak, juga bisa banyak bakteri yang menempel pada tangan.
  2. Bersihkan sisa-sisa make-up pada muka dengan menggunakan kapas dan cairan pembersih (make-up remover) baik pada mata, bibir, maupun kulit muka.
  3. Mempersiapkan sabun cuci muka. Sebaiknya memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya untuk kulit yang normal, berjerawat, berminyak, kering,dan juga sensitif.
  • Kulit normal adalah keadaan kulit muka yang tidak berminyak dan tidak juga kering sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Kulit normal hanya dipertahankan saja kesehatan dan kelembapannya dengan menggunakan produk sabun cuci muka dan krim pelembap yang sesuai.
  • Kulit berminyak disebabkan karena kulit muka memiliki kelenjar minyak yang menghasilkan minyak berlebih sehingga menyebabkan kelebihan minyak pada muka. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak sebaiknya lebih sering cuci muka. Pemilihan sabun juga sebaiknya disesuaikan dengan keadaan kulit muka yaitu sabun untuk kulit muka yang berminyak.Kelebihan minyak pada muka dapat menyebabkan pori-pori tertutup dan menyebabkan bakteri menumpuk sehingga menimbulkan tumbuhnya jerawat. Untuk kulit yang berjerawat sebaiknya sabun cuci muka yang digunakan juga disesuaikan. Dan akan lebih baik jika menghubungi dokter spesialis kulit. 
  • Kulit kering disebabkan karena tidak cukupnya minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit muka. Sabun cuci muka disesuaikan juga untuk kulit kering dan sebaiknya menggunakan pelembab atau moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit muka.
Comment di sini