5 Cara Alami Mengatasi Psoriasis

by
May 16th, 2014 at 9:59 am

CiriCara.com – Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang umumnya iritasi serta ditandai dengan adanya kulit yang tebal, bersisik putih, dan kemerahan. Penyakit kronis tidak menular ini berdampak pada kulit ketika sistem kekebalan tubuh mengirimkan sinyal yang salah dalam pertumbuhan sel-sel kulit.

Psoriasis biasanya muncul pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, lutut, siku, kulit kepala, dan punggung. Ada lima jenis psoriasis, yaitu plak, guttate, terbalik, berjerawat, dan eritroderma. Plak adalah yang paling umum ditemukan. Plak psoriasis menyebabkan benjolan merah yang ditutupi oleh sel-sel kulit mati berwarna putih yang disebut sebagai skala. Orang yang mengalami masalah psoriasis cenderung menderita kesehatan lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, dan depresi.

Penyebab penyakit ini dipercaya akibat faktor genetis dan sistem kekebalan tubuh. Namun hal lain yang memicu timbulnya psoriasis antara lain cuaca dingin dan kering, infeksi, stres, kulit kering, dan obat-obatan. Berikut cara mengatasi kulit yang menderita psoriasis secara alami.

1. Pelembab

Petroleum jelly / Ecoholic

Petroleum jelly / Ecoholic

Menggunakan pelembab merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah timbulnya kulit yang kering, gatal, dan merah. Kulit yang kering akan membuat kulit gatal yang bila digaruk akan menimbulkan infeksi dan menciptakan psoriasis di bagian kulit tersebut.

Gunakan pelembab dengan efek super melembabkan seperti salep petroleum jelly atau krim pelembab yang kental pada bagian kulit yang bermasalah. Oleskan pelembab setelah mandi dan sebelum tidur untuk menjaga kulit tetap lembab dan menghindari kulit menjadi sangat kering.

2. Minyak Ikan

Minyak ikan / Ist

Minyak ikan / Ist

Minyak ikan sangat membantu bagi penderita psoriasis. Sebuah penelitian menyarankan meminum suplemen minyak ikan yang mengandung 1,8 sampai 3,6 gram eicosapentaenoic acid (EPA) untuk mengurangi penampakan psoriasis pada kulit. Tidak hanya untuk diminum, minyak ikan yang dioleskan langsung pada kulit psoriasis juga efektif membantu mengatasi gejalanya.

Comment di sini