Bahaya Cat Kuku Bagi Kesehatan

by
May 16th, 2014 at 1:43 pm

CiriCara.com – Bagi Anda yang hobi memakai cat kuku, sebaiknya Anda berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk terus-terusan atau bahkan setiap hari memakainya. Cat kuku memang membuat kuku dan jari Anda menjadi cantik, tapi apakah cat kuku juga membuat tubuh Anda sehat? Faktanya, cat kuku mengandung banyak zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak informasi ini hingga selesai.

1. Zat Kimia Berbahaya

Cat kuku / Shutterstock

Cat kuku / Shutterstock

Ada zat berbahaya pada bahan pembuatan cat kuku yang biasa disebut sebagai “trio racun”, yaitu formaldehyde, toluene, dan dibutyl phthalate (DBP). Formaldehyde adalah bahan pengeras sekaligus pengawet cat kuku yang bersifat karsinogen. Bahan berbahaya ini bisa memicu timbulnya kanker pada manusia serta menyebabkan iritasi pada mata, tenggorokan, hidung, dan kulit. Toluene, bahan yang dapat membantu pengaplikasian cat kuku lebih halus, menyebabkan sakit kepala, pusing, kelelahan, dan bahkan merusak sistem syaraf dan reproduksi. Dibutyl phtalate (DBP) yang dapat membuat cat kuku tahan lama dikaitkan dengan kelahiran cacat.

Selain tiga zat bahaya utama tersebut, zat lain yang berefek buruk pada kesehatan adalah acetone dan benzophenone. Sama seperti toluene, acetone menimbulkan uap berbahaya yang berisiko pada sistem pernapasan. Sedangkan benzophenone menyebabkan kanker. Semua zat kimia tersebut diserap ke dalam tubuh melalui bantalan kuku.

Comment di sini