Cara Agar Bisa Membiayai Anak Sampai Kuliah

by
May 16th, 2014 at 4:17 pm

CiriCara.com – Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting yang akan menentukan masa depan anak. Menyekolahkan anak hingga ke perguruan tinggi atau kuliah sudah menjadi salah satu kewajiban para orangtua. Tapi apa jadinya jika ternyata biayanya tidak cukup?

kuliah anak

Pendidikan anak – Ist

Tingginya inflasi pendidikan memang membuat para orangtua jadi pusing. Pasalnya inflasi untuk pendidikan itu bisa mencapai belasan atau bahkan 20 persen. Kenaikan biaya ini tentu akan membuat orangtua harus bekerja ekstra keras agar anaknya bisa tetap kuliah.

Jika melihat biaya pendidikan yang terus naik tiap generasi, tentunya Anda harus sudah mulai bersiap dari sekarang. Kumpulkan modal sebanyak mungkin agar pada saatnya nanti, anak Anda bisa tetap kuliah walau bukan di universitas favorit.

Berikut cara agar bisa membiayai anak sampai kuliah:

1. Investasi

Untuk mengimbangi inflasi pendidikan, ada baiknya Anda mengalokasikan uang ke bidang investasi yang menguntungkan. Anda bisa investasi dengan membeli tanah atau rumah, karena harga tanah dan rumah biasanya akan selalu naik. Sehingga pada saat anak akan kuliah, Anda sudah punya biaya cadangan dari investasi tersebut.

2. Perbanyak penghasilan

Jika Anda seorang karyawan, jangan puas dengan penghasilan yang didapat saat ini. Anda bisa membuka usaha lain demi mendapat penghasilan tambahan. Dengan memperbanyak penghasilan, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pendidikan anak.

3. Reksadana

Dalam jangka panjang, reksadana saham dan campuran cukup bagus digunakan karena secara historis, reksadana ini bisa memberikan retur yang positif dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun. Sangat cocok untuk persiapan dana pendidikan anak.

biaya pendidikan anak

Pendidikan anak – Ist

4. Tabungan pendidikan

Saat ini ada sejumlah bank yang mulai menyediakan tabungan pendidikan. Nantinya, pihak bank akan membantu nasabah menghitung dan mengemas target biaya pendidikan di masa yang akan datang. Umumnya, tabungan ini sudah dilengkapi dengan asuransi untuk antisipasi biaya pendidikan jika orangtua meninggal dunia.

5. Didik anak dengan baik

Tidak hanya menyediakan biaya, Anda juga punya kewajiban untuk mendidik serta mengawasi belajar anak. Jika anak Anda bisa berprestasi dan cerdas, maka bukan tidak mungkin dia akan mendapat beasiswa. Itu artinya, biaya pendidikan yang harus Anda keluarkan akan jauh lebih ringan.

Semua orangtua pasti menginginkan agar anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Karenanya, siapkan lah dana pendidikan anak mulai dari sekarang. Jangan pernah menundanya karena masa depan anak ada di tangan Anda.

(YG)

Comment di sini