Cara Agar Terhindar dari Sambaran Petir

by
May 16th, 2014 at 11:30 am

CiriCara.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Bahkan, hujan di Indonesia sering dibarengi dengan angin kencang dan juga sambaran petir yang cukup keras. Karenanya Anda harus waspada terhadap fenomena alam ini.

Disambar Petir

Sambaran petir – Ist

Dari cuaca buruk tersebut, petir menjadi fenomena alam yang cukup mematikan. Sedikitnya ada 24 ribu orang tewas tersambar petir di setiap tahun dan 240 ribu orang terluka akibat sambaran petir yang terjadi di seluruh dunia.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah rawan terjadi petir tentu harus waspada. Apalagi jika hujan sedang turun di wilayah tersebut, karena kedatangan petir itu biasanya dibarengi dengan cuaca mendung ataupun hujan.

Agar terhindar dari sambaran petir, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Cari tempat berlindung

Menurut The Federal Emergency Manegement Agency (FEMA), orang-orang mempunyai waktu 30 detik untuk mencari tempat perlindungan. Setelah Anda melihat cahaya kilat, maka segeralah mencari tempat berlindung. Karena petir biasanya akan datang setelah 30 detik dari terlihatnya cahaya kilat.

2. Berlindung di tempat aman

Segera masuk ke bangunan atau gedung yang kokoh untuk berlindung sampai petir reda. Jika tidak ada bangunan, Anda bisa berlindung di dalam mobil dengan jendela ditutup rapat dan jangan menyentuh logam apapun yang ada di dalam mobil. Pastikan juga kendaraan terparki di tempat aman dan terhindar dari pohon tumbang atau bangunan runtuh karena hujan.

3. Berlindung di pepohonan

Jika sedang berada di tengah hutan, Anda sebaiknya berlindung di semak dengan pepohonan yang rendah. Hindari berlindung di bawah pohon yang tinggi karena petir biasanya lebih sering menyambar pohon yang tinggi.

Badai Kilat Akibat Tornado4. Menunduk atau jongkok

Jika Anda melihat kilat saat berada di tanah lapang, hindari berbaring di tanah. Karena tanah sebenarnya bisa mengalirkan aliran listrik dari petir ke tubuh manusia. Lebih baik menunduk atau duduk jongkok saja agar tidak terkena aliran petir. Pakai juga alas kaki agar lebih aman.

5. Tutup telinga

Saat melihat cahaya kilat, Anda bisa jongkok sambil menutup telinga. Hal ini menghindari Anda mengalami gangguan pendengaran karena suara sambaran petir yang sangat keras. Dengan demikian telinga Anda akan tetap berfungsi dengan baik.

Selain kelima cara di atas, sebaiknya Anda segera meneduh jika cuaca sudah mulai mendung, terutama bagi yang tinggal di wilayah rawan petir. Tunggu sampai cuaca kembali cerah, baru Anda boleh beraktivitas kembali.

Masih punya cara lain agar aman dari sambaran petir? Silakan tulis di kolom komentar.

(YG)

Comment di sini