Cara Membuat Suara Jadi Lebih Merdu

by
May 16th, 2014 at 10:47 am

CiriCara.com – Bagi Anda yang hobi menyanyi tentu memiliki suara yang merdu adalah sebuah keharusan. Karena dengan suara yang merdu itulah nyanyian Anda akan didengar oleh banyak orang. Bahkan, mereka pun akan memuji dan mengagumi suara Anda.

latihan vokal

Latihan Nyanyi – Ist

Saat ini banyak sekali kompetisi-kompetisi menyanyi yang memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi penyanyi profesional. Namun, untuk bisa mengikuti kompetisi ini tentunya Anda harus punya suara merdu dan enak didengar.

Karena nantinya akan ada juri yang menilai kemampuan menyanyi para pesertanya. Anda ingin jadi bintang baru di dunia musik Indonesia, tapi tidak percaya diri dengan suara yang dimiliki? Tenang, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu kamu.

Berikut cara membuat suara agar jadi lebih merdu:

1. Minum air putih

Selain bisa mencegah dehidrasi, air putih juga berguna untuk menjaga pita suara agar tetap basah. Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Biasakan untuk minum air putih saat bangun pagi. Hal ini bertujuan untuk menjaga fungsi pita suara Anda.

2. Hindari rokok

Sebaiknya Anda menjauhi asap rokok dan jangan pernah merokok. Selain bisa menyebabkan kanker, asap rokok juga bisa mengganggu sistem pernapasan Anda. Jika napas Anda tidak kuat, maka suara yang akan dihasilkan tidak akan bagus dan malah terdengar seperti orang yang sedang tercekik. Karenanya, hindari rokok sekarang juga!

3. Buah-buahan

Ada beberapa ramuan alami yang dipercaya bisa membuat suara jadi lebih merdu. Namun, disarankan Anda lebih baik menkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air dan menyegarkan. Buah lebih aman dan tidak mempunyai efek samping untuk kesehatan Anda.

latihan menyanyi

Latihan nyanyi – Ist

4. Jaga pola makan

Makanan juga bisa berpengaruh pada suara. Hal ini karena makanan yang masuk melalui tenggorokan bisa mengganggu fungsi pita suara. Karenanya, Anda harus menjaga pola makan sehat dan hindari makanan yang mengandung banyak lemak karena bisa membuat suara Anda jadi terdengar serak.

5. Latihan vokal

Untuk menjaga agar kualitas suara Anda tetap bagus, Anda harus terus latihan. Kenali karakter suara Anda dan pahami nada-nada dalam musik agar suara Anda bisa masuk dalam musik yang dimainkan. Anda bisa mengikuti les atau pun kursus vokal, tapi Anda juga bisa belajar sendiri di rumah.

Untuk bisa mendapatkan suara yang merdu, Anda harus berusaha keras. Jika tenggorokan terasa kering saat latihan, segera minum air putih dan beristirahat lah sebentar. Hal ini mencegah tenggorokan Anda mengalami iritasi.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini