Khasiat Buah Lemon Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

by
May 17th, 2014 at 8:39 am

hilangkan komedo dengan lemon

CiriCara.com – Buah berwarna kuning cerah ini tentu saja sudah seringkali Anda jumpai, tetapi tahukah Anda bahwa ternyata lemon memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan? Lemon diperkaya dengan kandungan kalsium, vitamin C, magnesium, potassium, karbohidrat dan juga antioksidan yang memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh.

Dengan melihat berbagai kandungan yang terdapat pada lemon tentu sudah tidak diragukan lagi bahwa lemon bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan lemon yang tinggi mampu melawan radikal bebas yang ingin masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan udara.

Bagi Anda yang mempunyai masalah pencernaan Anda dapat meminum air perasan lemon setiap hari, karena akan membantu meningkatkan sistem pencernaan tubuh. Tidak hanya itu air lemon juga dapat menjaga kesehatan mulut. Air lemon bisa membersihkan langit-langit mulut dan mengurangi bau mulut. Selain itu lemon juga dapat berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Campuran air hangat dan lemon dapat meningkatkan kemampuan hati untuk membakar lemak dan juga menahan nafsu makan yang berlebihan.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja tetapi lemon juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan lemon dapat berfungsi sebagai antibakteri dan jamur, maka sangat efektif untuk mengobati jerawat dan menghilangkan komedo. Campuran kondisioner dan air lemon juga dapat membantu membuat warna rambut lebih berkilau. Berikutnya kandungan asam yang terdapat pada lemon berkhasiat untuk mengatasi bintik-bintik hitam dan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.  Khasiat lemon yang terakhir yaitu dapat membuat bibir menjadi lebih cerah dan lembut, karena lemon mempunyai kandungan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan dapat membersihkan sisa lipstick yang menempel di bibir.

Setelah Anda mengetahui berbagai macam manfaat lemon baik bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan, berikut ini ada beberapa jenis perawatan dengan menggunakan lemon yang dapat Anda lakukan sehari-sehari:

1.  Mengobati Jerawat dan Komedo

Gunakan lemon yang masih segar lalu iris tipis lemon dan langsung gosokkan lemon kepada area wajah yang berjerawat atau berkomedo. Biarkan kira-kira sampai 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu ke dalam potongan lemon.

2. Memutihkan Gigi

Lemon mampu memutihkan gigi Anda dengan cara yang  mudah yaitu cukup campurkan baking soda dengan perasan air lemon, setelah itu langsung taruh di gigi Anda dengan menggunakan Q-tip selama 1 menit. Sesudah itu bersihkan gigi secara perlahan-lahan.

3. Toner Untuk Kulit Berminyak

Untuk Anda yang mempunyai kulit berminyak lemon dapat menjadi toner alami untuk membersihkan wajah berminyak. Caranya basahi kapas dengan air lemon dan bersihkan keseluruh wajah. Ulangi langkah ini sebelum Anda tidur dan paginya bilas wajah Anda dengan air dingin.

4. Membersihkan Sel-sel Kulit Mati

Campurkan perasan air lemon dan setengah gula pasir, lalu gosokkan pada wajah dengan secara perlahan-lahan. Setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air. Untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan sehat lakukan kegiatan ini selama seminggu sekali.

5. Masker Pelembab Wajah

Masker ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kulit kering. Cara membuat masker ini pun mudah caranya, campurkan madu, olive oil, dan jus lemon.  Aplikasikan campuran tersebut pada area kulit yang kering  dan biarkan selama 10 menit, setelah itu bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

6. Perawatan Bibir

Untuk perawatan pada bibir Anda cukup memotong lemon, gosokkan pada bibir secara merata setelah itu bilas dengan air dingin.

7. Perawatan Kuku

Kandungan protein dan keratin pada lemon dipercaya dapat memperkuat kuku. Maka lakukanlah perawatan ini dengan cara mencampurkan perasan air lemon dengan olive oil dan rendam kuku selama beberapa menit, lalu bilas kuku dengan air.

Jika Anda ingin membuktikan sendiri manfaat dari buah lemon, tidak ada salahnya jika Anda mencoba sendiri perawatan-perawatan dengan menggunakan lemon seperti di atas. Mulailah menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan dengan cara yang mudah dan alami.

Comment di sini