Cara Alami Mengatasi Amenorrhea

by
May 19th, 2014 at 3:29 pm

CiriCara.com – Amenorrhea adalah kondisi wanita yang tidak mengalami masa haid dalam beberapa waktu tertentu. Penyakit ini dibagi dalam dua jenis, primer dan sekunder. Amenorrhea primer biasanya terjadi pada wanita berumur 16 tahun yang belum mengalami menstruasi pertamanya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti anorexia, terlalu banyak olahraga, ovulasi tidak normal, stress, gangguan kelenjar tiroid, genetic tidak normal, dan penyakit obesitas.

Sementara amenorrhea sekunder terjadi pada wanita yang mempunyai masa haid normal namun kemudian berhenti selama satu sampai tiga bulan bahkan lebih. Penyebab utamanya adalah kehamilan, menopause, perubahan hormone, menyusui, obesitas, pil kontrasepsi, depresi, stress, dan perubahan berat badan.

Gejala amenorrhea adalah sebagai berikut:

  • Tidak mengalami menstruasi
  • Galactorrhea atau kondisi dimana payudara mengeluarkan susu padahal wanita tidak sedang mengandung dan menyusui.
  • Rambut rontok
  • Sakit kepala
  • Gangguan penglihatan
  • Percepatan pertumbuhan rambut karena peningkatan androgen
  • Vagina kering
  • Gangguan tidur
  • Perubahan berat badan
  • Cemas

Pengobatan dan perawatan amenorrhea tergantung dari penyebab kondisi tersebut. Contohnya, ketika amenorrhea primer disebabkan karena ketidaknormalan sistem reproduksi, maka pengobatan yang harus dilakukan adalah operasi dan pengobatan medis. Amenorrhea yang disebabkan tumor akan membutuhkan terapi radiasi dan pengobatan atau operasi untuk mengecilkan atau mengangkat tumor. Sementara amenorrhea yang disebabkan berat badan rendah, terlalu banyak olahraga, dan stress bisa diatasi dengan mengubah gaya hidup untuk menyeimbangkan tubuh menjadi normal kembali.

Terlepas dari pengobatan medis yang dapat dilakukan, ada beberapa cara alami yang dapat menunjang keberhasilan penyembuhan. Pengobatan dan perawatan alami ini efektif meredakan gejala yang ditimbulkan penyakit amenorrhea.

1. Buah dan Sayur

Jus tomat / Ist

Jus tomat / Ist

Beberapa jenis buah, sayur, dan rempah dipercaya dapat mengatasi amenorrhea. Jus tomat bila rutin diminum dua sampai tiga gelas setiap hari dapat memperlancar peredaran darah dan mengatasi amenorrhea. Pepaya, biji sesame, dan jahe dapat meningkatkan suhu tubuh dan ovulasi sehingga membuat menstruasi menjadi lancar.

Kandungan butylidene-phthalide pada biji seledri dapat membantu memperlancar pengeluaran darah selama menstruasi. Rempah seperti kayu manis bila ditambahkan pada susu akan berpengaruh pada berat badan karena penurunan berat badan sangat penting dalam kelancaran menstruasi.

Comment di sini