Cara Alami Mengatasi Amenorrhea

by
May 19th, 2014 at 3:29 pm

2. Tanaman Herbal

Teh chamomile / Ist

Teh chamomile / Ist

Beberapa tanaman herbal dapat mengatasi pendarahan menstruasi. Namun konsumsi tanaman herbal ini harus berada di bawah pengawasan ahli karena reaksinya tidak baik untuk pengobatan kondisi lainnya dan akan berbahaya jika dikonsumsi dalam dosis yang salah.

Pertama adalah saffron, tanaman kaya antioxidant yang dapat mengatasi kondisi peradangan parah dan dapat mengurangi stress yang bisa mengakibatkan amenorrhea. Rebus setengah gelas air dan satu sendok teh saffron hingga menyusut sebanyak satu sendok makan. Bagi air saffron ini menjadi tiga bagian dan minum sebanyak tiga kali sehari.

Chamomile adalah tanaman relaksasi dan antispasmodic yang dapat dijadikan suplemen atau minuman teh. Gangguan menstruasi yang disebabkan stress dan kecemasan dapat diatasi dengan chamomile.

Teh atau ekstrak akar angelica dapat mengurangi stagnasi pada sistem reproduksi. Sementara minyak esensial akar angelica dapat dijadikan minyak pijat pada bagian perut untuk mempengaruhi menstruasi.

Blue cohosh dipercaya sebagai perangsang uterine yang efektif. Mengandung phytochemical calulopsponin, tanaman dengan nama latin Caulophyllum thalictroides ini dapat memperlancar peredaran darah pada bagian panggul dan bila dicampur dengan black cohosh dapat mengatasi masalah menstruasi.

Tanaman herbal asal Australia, yaitu yarrow juga dapat mengatasi amenorrhea karena mempunyai tinggi kandungan zat besi. Yarrow dapat dikonsumsi dengan dijadikan teh maupun kapsul.

Mother wort adalah tanaman herbal lainnya yang dapat membuat menstruasi menjadi teratur dengan cara menenangkan sistem syaraf dan merangsang kontraksi panggul.

Comment di sini