Cara Membuat Es Gabus Pelangi

by
May 19th, 2014 at 4:42 pm

CiriCara.com – Es Gabus atau es kue adalah salah satu jajanan jaman dulu yang cukup favorit di kalangan anak-anak. Es yang satu ini mempunyai tekstur yang lebih empuk dan mudah untuk digigit. Anda mungkin pernah merasakan kenikmatan es gabus ini di waktu kecil dulu.

es gabus

Es gabus atau es kue – Ist

Es gabus awalnya hanya memiliki satu warna, namun seiring dengan perkembangan ide muncullah es gabus pelangi atau es gabus warna-warni. Kombinasi warna pada es gabus ini membuat orang yang melihatnya jadi tertarik dan ingin mencicipinya.

Pada umumnya es gabus pelangi terdiri dari 3 kombinasi warna. Namun, jika ingin yang lebih menarik, Anda juga boleh mengkombinasikan lebih dari 3 warna. Semua kembali lagi pada selera Anda masing-masing. Mau tahu cara membuatnya?

Resep Es Gabus Pelangi

Bahan:
- 130 gram tepung hunkwe warna putih
- 1250 ml santan
- 250 gram gula pasir
- Pasta pandan (untuk pewarna hijau) secukupnya
- Pewarna makanan cokelat, secukupnya
- Pewarna makanan merah, secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Campur tepung hunkwe, gula pasir, garam, dan santan dalam satu wadah. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan kental.

2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu adonan diberi pasta pandan, satu adonan diberi warna cokelat, dan yang terakhir diberi sedikit warna merah hingga menjadi merah muda.

3. Masak adonan cokelat di atas api hingga mendidih dan kental, tuang ke dalam loyang. Diamkan beberapa menit. Jika ingin lapisan adonannya jadi tebal, gunakan loyang ukuran kecil.

4. Masak adonan hijau di atas api hingga mendidih dan kental, tuang di atas adonan cokelat yang sudah dimasukkan ke dalam loyang tadi. Diamkan beberapa menit.

5. Masak adonan warna merah muda atau pink hingga mendidih dan kental, tuang di atas adonan warna cokelat dan hijau yang sudah ada di loyang. Diamkan beberapa menit hingga adonan hunkwe mengeras.

6. Setelah mengeras, potong-potong adonan kue tadi dan bungkus dengan plastik. Simpan dalam freezer hingga beku.

7. Es gabus pelangi siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini