Cara Memilih Gitar Baru yang Bagus

by
May 19th, 2014 at 10:57 am

CiriCara.com – Gitar merupakan alat musik yang paling banyak dicari. Selain harganya yang lebih terjangkau dibanding alat musik lainnya, gitar juga lebih mudah dimainkan. Gitar lebih simpel dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Apakah kamu ingin membeli gitar?

toko musik

Toko gitar – Ist

Sebagai seorang musisi, alat musik sudah menjadi belahan jiwa. Karenanya kamu tidak boleh sembarangan saat akan membeli gitar. Butuh ketelitian dan juga kepekaan agar kamu bisa membeli gitar yang bagus dan tentunya mempunyai kualitas suara yang bersih.

Beberapa musisi lebih suka memesan gitar secara khusus ke pengrajin atau pembuatnya. Namun, tentunya hal ini akan membuat harganya menjadi jauh lebih mahal. Lalu bagaimana cara memilih gitar yang bagus jika ingin membelinya langsung di toko musik?

Berikut cara memilih gitar baru yang bisa kamu ikuti:

1. Tentukan tipe gitar

Pilih apakah kamu akan membeli gitar tipe akustik atau elektrik. Bagi kamu yang memiliki dana terbatas dan pemula, ada baiknya memilih gitar akustik. Harganya lebih murah dibanding gitar listrik dan lebih mudah untuk belajar di luar ruangan bersama teman. Tapi jika ingin mencoba ditambahkan efek, kamu bisa langsung membeli gitar listrik.

2. Riset dan saran teman

Kamu sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu, gitar merek apa yang paling bagus dan cocok dengan karakter suara kamu. Agar tidak salah pilih, kamu bisa meminta saran dari teman yang tahu soal gitar. Biasanya orang yang tahu soal gitar mempunyai insting yang lebih bagus.

3. Dengarkan suaranya

Jangan terburu-buru membeli gitar karena tertarik dengan penampilannya. Yang terpenting adalah kualitas suaranya. Coba kamu dengarkan baik-baik kualitas suara dari gitar yang ingin dibeli. Dengarkan dengan jeli apakah ada suara dengung atau tidak. Pilih gitar yang punya suara bersih dan terdengar cukup keras namun tetap halus.

SBY mainkan lagu untuk Putin

SBY mainkan lagu untuk Putin / Ist.

4. Pilih yang nyaman

Saat akan membeli gitar, sebaiknya kamu coba dulu memainkannya. Rasakan apakah pegangan gitar tersebut nyaman atau tidak. Jika akan membeli gitar akustik, perhatikan juga kualitas kayunya empuk atau tidak. Biasanya, gitar dengan kualitas kayu yang baik itu sedikit lebih berat dibanding gitar dengan kualitas kayu rendah.

5. Memilih gitar listrik

Jika ingin membeli gitar listrik, perhatikan colokan audionya apakah masih bagus atau sudah longgar. Pastikan juga suara gitar yang kamu pilih itu bagus dan tidak mendengung saat disambungkan ke amplifier. Jika kamu suka musik jenis metal, pilih gitar dengan pick-up system yang memiliki kemampuan menghasilkan suara keras. Jika suka jenis musik rock, punk, dan jazz, kamu bisa pilih gitar dengan pickup single coil.

Untuk mendapatkan gitar yang berkualitas dan punya suara yang bagus, sebaiknya kamu membeli yang asli dari produsen gitarnya. Membeli gitar imitasi atau “KW” memang terkadang ada yang bagus, namun tetap saja tidak akan menyamai kualitas aslinya.

(YG)

Comment di sini