Cara Mudah Agar Gemar Menabung

by
May 20th, 2014 at 3:21 pm

CiriCara.com – Menanamkan kebiasaan menabung itu bukanlah perkara yang mudah. Banyak orang yang mengeluh sulit menyimpan uang walaupun dalam jumlah yang sedikit. Apakah Anda juga termasuk orang yang sulit melakukan kebiasaan menabung?

mudah menabung

Gemar menabung – ist

Hampir semua orang sudah tahu bahwa menabung itu adalah salah satu hal yang harus dilakukan demi masa depan. Karena setiap tahunnya biaya hidup kita akan naik, apalagi jika kita sudah berumahtangga dan bahkan sudah punya anak.

Namun kenyataannya, masih ada saja orang yang mengaku malas untuk menabung. Mereka lebih suka menikmati jerih payah mereka untuk hari ini dan memikirkan kebutuhan hari esok pada esok harinya. Tidak ingin terus-terusan seperti ini?

Berikut ada beberapa cara mudah agar Anda berubah jadi gemar menabung:

1. Pola hidup

Rubah pola hidup Anda dari yang suka berpesta dan hura-hura jadi hidup sederhana. Anda boleh pergi jalan-jalan, namun jangan terlalu sering, maksimal 1 minggu sekali. Dengan merubah pola hidup maka pengeluaran Anda bisa ditekan dan sisanya bisa buat menabung.

2. Mulai dari yang kecil

Jangan pernah berpikir uang koin Rp 200 atau Rp 500 tidak berharga, karena hal ini justru akan membuat Anda jadi lebih boros. Simpan dan kumpulkan uang koin Anda, pasti lama kelamaan akan terkumpul banyak. Dengan belajar menghargai yang kecil, maka Anda akan lebih menghargai yang besar.

3. Punya pendirian

Kebanyakan orang mengaku membeli suatu barang karena iri dengan tetangga mereka. Itu artinya orang tersebut tidak punya pendirian. Agar Anda jadi gemar menabung, Anda harus punya pendirian bahwa membeli barang itu harus berdasarkan kebutuhan bukan karena gengsi ataupun keinginan belaka.

nabung, tips nabung

Menabung – Tempo.co

4. Berpikir ke depan

Anda hidup bukan untuk hari ini saja, jadi cobalah untuk berpikir maju ke depan. Mungkin Anda suatu hari nanti ingin membeli rumah, punya usaha sendiri, dan juga menikah. Dengan berpikir ke depan, maka Anda akan tahu harus menabung agar bisa mewujudkan semua harapan tersebut.

5. Jangan utang

Kebiasaan suka utang atau membeli secara kredit bisa merusak keuangan Anda. Dengan sistem kredit Anda memang bisa dengan mudah membeli barang, tapi tetap saja Anda harus mencicilnya. Hindari utang atau pun kredit, cobalah untuk menabung jika ingin membeli suatu barang. Jika uang tabungannya sudah cukup, Anda baru membeli barang tersebut.

Selain kelima cara di atas, Anda pun harus sadar diri. Tidak mungkin selamanya Anda akan sehat dan bisa bekerja seperti sekarang ini. Pasti akan ada saat di mana Anda tidak bekerja, dan di saat seperti ini lah tabungan akan sangat berguna untuk Anda. Jadi menabung lah mulai dari sekarang!

(YG)

Comment di sini