Dampak Buruk Televisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

by
May 20th, 2014 at 9:11 am

CiriCara.com – Setiap orang tua tentu saja ingin melihat perkembangan buah hati mereka tumbuh dengan cerdas dan aktif. Namun, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesatnya maka semakin banyak acara televisi yang menghadirkan acara-acara yang layaknya kurang pantas disaksikan oleh anak-anak yang masih di bawah umur.

anak nonton tv

Anak menonton televisi – Ist

Tidak dapat dipungkiri bahwa menyaksikan televisi merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan saat menghabiskan waktu senggang terutama oleh anak-anak yang masih di bawah umur. Mereka mempunyai rasa keingintahuan yang besar mengenai dunia luar dan hal-hal baru.

Tetapi, seperti yang sudah banyak diketahui kini marak acara televisi yang menghadirkan sisi negatif, seperti acara guyonan dengan kata-kata jorok dan tidak pantas didengar, adegan kekerasan, dan adegan vulgar. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada perilaku si kecil yang masih mempunyai sifat suka meniru.

Dr. Dewi P Faeni, MBA, M.Ht pendiri dari CHS (Club Hypnosis Sehati) yang sekaligus aktif terlibat dalam kegiatan sosial yang memperjuangkan hak-hak anak dan masyarakat mengungkapkan bahwa banyak sekali tayangan yang dipertontonkan dan tidak layak, tidak layak yang dalam hal ini menyangkut beberapa variabel yaitu: tidak ada unsur-unsur positifnya, kurangnya unsur-unsur edukasi, dan tayangan tidak bisa dijadikan tayangan yang inspiratif yang dimana tidak adanya role model bagi si buah hati. Beliau juga mengatakan bahwa anak bagaikan secarik kertas yang masih kosong yang artinya apapun yang ia lihat, yang ia dengar, yang ia rasa akan memasuki alam bawah sadarnya secara otomatis dan sangat signifikan bahwa tayangan-tayangan tersebut akan berpengaruh pada perilaku anak, sehingga besar kemungkinan anak akan mempraktekan adegan menyimpang di dunia nyata.

Lalu bagaimana caranya untuk mencegah dampak buruk tayangan televisi pada anak?

Comment di sini