Pengaruh ‘Food Selfie’ Melalui Media Sosial Sebagai Ajang Promosi

by
May 20th, 2014 at 5:01 pm

CiriCara.com – Pengguna media sosial kian meningkat seiring dengan berkembangnya smartphone di kalangan masyarakat. Salah satunya yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah instagram.  Aplikasi instagram sendiri  tersedia pada smartphone atau hp Android yang memiliki kegunaan untuk memposting foto-foto kepada sesama pengguna akun instagram.  Pelaku usaha online melirik dan menggunakan media yang satu ini sebagai kesempatan untuk membuka lapak dikarenakan fasilitas yang ditawarkan semakin mendekatkan kepada para calon konsumen.

foto selfie

Food Selfie – Ist

Seperti yang sedang marak saat ini penjualan puyo, yang merupakan makanan pencuci mulut berupa puding ini dikenal oleh masyarakat secara cepat melalui akun sosial media utama yaitu instagram selain itu puyo juga memiliki website, twitter, dan facebook. Awal mula puyo diperkenalkan melalui akun instagram dengan memposting foto puding puyo yang dilakukan oleh penjual sekaligus pemilik puyo yang bernama Adrian salah satu mahasiswa yang berkuliah di UPH yang memulai bisnisnya melalui media sosial.  Penjual berusaha untuk memanfaatkan ‘culture’ orang jaman sekarang yang selalu mengambil food selfie atau gambar makanan mereka sebelum dimakan. Maka dari itu mereka sengaja menciptakan produk yg ‘photogenic’ yang menarik pelanggan untuk memposting puding puyo karena packagingnya yg simple, attractive dan warnanya yang eye catching.

Pelanggan yang membeli tertarik untuk melakukan food selfie dan memposting melalui akun instagram pribadi mereka dengan mencantumkan akun instagram milik puding puyo (@puyodesserts). Dari situ pengikut akun instagram yang lainnya dapat melihat postingan puding puyo tersebut dan turut membuat penasaran dan menarik mereka untuk membeli dan mempostingnya melalui sosial media. Secara tidak langsung promosi yang dilakukan bersifat terus menerus sehingga semakin banyak orang yang mengenal puyo. Promosi yang dilakukan melalui sosial media tentunya tidak semua berjalan mulus dengan menyebar luasnya sangat cepat melalui sosial media muncul banyak pesaing yang mebuat produk mereka sangat mirip dengan nama yang berbeda. Namun promosi puyo melalui sosial media ini sampai sekarang belum pernah membayar 1 rupiah pun untuk advertising.

Keuntungan yg sangat besar adalah betapa cepat atau ‘viral’ info dan foto produk puyo menyebar sehingga mendatangkan banyak pelanggan dan produk puyo semakin dikenal.  Selain itu  produk dan packagingnya sendiri harus berkualitas dan tidak hanya difoto saja tapi saat customer memegang produknya dan menyicipinya kualitas rasanya harus ‘live up to the hype’. Apabila semua itu sudah terlaksana maka pelanggan akan selalu memberikan feedback yg positif dan sering kali memposting foto produk di social media mereka yang dimana keuntungannya untuk para penjual adalah free publicity. Dengan ini menjadi titik terang bagi pengusaha lainnya untuk melakukan promosi dengan teknik ‘food selfie’ yang dapat membuat produk mereka mudah di kenal dan laku di pasaran.

Comment di sini