Rekap Koalisi Partai Politik Pemilu 2014

by
May 20th, 2014 at 1:07 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Peta koalisi partai politik peserta pemilihan umum (Pemilu) 2014 akhirnya mengarah ke dua poros. Masing-masing poros dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sesuai dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pileg oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDIP menjadi yang terkuat dengan perolehan suara sebesar 18,95 persen. Sementara Gerindra berada di posisi ketiga dengan perolehan suara 11,81 persen.

Untuk bisa mengusung calon presiden dan calon wakil presiden, maka masing-masing partai harus berkoalisi dengan partai lain. Karena ambang batas yang ditentukan yakni partai politik minimal harus mendapat 25 persen suara nasional.

Berikut ulasan singkat soal koalisi partai politik menjelang Pemilihan Presiden Juli mendatang:

1. Poros PDI Perjuangan

jokowi-Jk

Jokowi – Jusuf Kalla (JK) – Ist

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menunjuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden dari partai berlambang kepala banteng tersebut. Pria yang akrab disapa Jokowi ini pun sudah mendeklarasikan diri sebagai Capres PDI Perjuangan.

Pada Senin, (19/5/2014) kemarin, Jokowi secara resmi mendeklarasikan Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya. Pria yang akrab disapa JK itu dianggap cocok untuk mendampingi Jokowi.

Berikut daftar partai politik yang berkoalisi mengusung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla (JK):

- PDI Perjuangan =18,95 persen
- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) = 9,04 persen
- Partai Nasional Demokrat (NasDem) = 6,72 persen
- Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) = 5,26 persen

Jika ditotal berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, kekuatan koalisi ini sebesar 39,97 persen.

Comment di sini