Cara Agar Anak Cepat Bicara

by
May 21st, 2014 at 11:05 am

CiriCara.com – Setiap anak mempunyai masa berkembang dan belajar yang berbeda-beda. Terkadang ada anak yang bisa berdiri dan berjalan dalam waktu singkat tapi lambat dalam berbicara. Apakah anak Anda juga termasuk anak yang lambat dalam belajar bicara?

anak bicara

Cara ajari anak bicara – Ist

Ibu tentunya akan merasa khawatir jika anaknya belum bisa bicara sedangkan anak seusianya yang lain malah sudah lancar bicara. Rasa was-was pun akan muncul di benak Anda, apakah si kecil mengalami gangguan kesehatan sehingga lambat bicara.

Jika Anda masih ragu dengan kondisi kesehatan si kecil, lebih baik Anda konsultasikan dengan dokter. Jika ternyata si kecil masih sehat, itu artinya Anda tidak perlu khawatir karena cepat atau lambat si kecil pasti akan bisa bicara seperti anak lainnya.

Untuk menstimulasi kemampuan bicara anak, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Sering mengajak bicara

Meskipun anak sepertinya belum mengerti apa yang Anda ucapkan, tetap saja Anda harus sering mengajaknya bicara. Otak anak secara otomatis akan mengingat kata-kata yang Anda ucapkan. Hingga pada saatnya nanti, si anak pasti akan mengucapkan kata-kata tersebut.

Kata-kata yang paling mudah untuk dipelajari anak adalah “mama” dan “papa”. Secara bertahap, kosa kata si kecil pun akan bertambah seiring dengan usianya.

2. Suasana menyenangkan

Agar lebih mudah dicerna otak anak, Anda bisa mengajaknya mengobrol dalam suasana yang menyenangkan. Misalnya, saat anak sedang memperhatikan ayam atau kucing Anda bisa berpura-pura memanggil ayam tersebut. Dengan komunikasi semacam ini akan ada banyak kosa kata baru yang akan dipelajari anak.

3. Anak harus memperhatikan

Usahakan anak selalu memperhatikan semua kata yang Anda ucapkan. Perhatikan mata anak saat Anda ajak bicara, apakah anak melihat ke arah Anda atau malah melihat benda lain? Jika sedang melihat benda lain, Anda bisa mengajaknya bicara soal benda tersebut agar dia mau memperhatikan.

Bayi makan nasi tim

Bayi makan nasi tim

4. Makanan padat

Anda juga harus memperhatikan asupan makanan anak. Usahakan untuk memberikan makanan padat sesuai dengan usianya. Hal ini karena makanan padat tersebut akan bermanfaat untuk merangsang otot bicaranya sehingga dia bisa lancar bicara.

5. Memilih kata yang baik

Walaupun anak masih belum bisa bicara, Anda tetap harus memperhatikan setiap ucapan Anda. Jangan mengucapkan kata-kata kotor atau umpatan. Ingat! Apa yang Anda bicarakan akan ditiru anak saat dia sudah bisa bicara nanti.

Jika kelima cara di atas ternyata tidak berhasil membuat anak bicara, Anda harus tetap bersabar. Anak butuh waktu untuk belajar, jadi terus ajari anak sampai dia bisa bicara dengan lancar. Jangan pernah menyerah ataupun bosan.

(YG)

Comment di sini