Cara Alami Menguatkan Rambut

by
May 21st, 2014 at 11:16 am

CiriCara.com – Rambut rontok bisa disebabkan rambut yang tidak kuat sehingga mudah pula patah. Rambut rapuh bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan seperti sinar matahari, terlalu banyak berada di ruangan ber-AC, dan penataan rambut dengan menggunakan alat pemanas atau coloring. Bila rambut terus-terusan patah dan rontok, ini bisa berujung pada kebotakan. Penting untuk menguatkan rambut sehingga tidak ada lagi rambut rapuh dan rusak. Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk dapatkan rambut yang kuat.

1. Melembabkan Rambut

melembabkan rambut / Ist

melembabkan rambut / Ist

Rambut yang rapuh terlihat kusam karena tidak lembab serta kering. Rambut yang sangat kering cenderung menjadikan rambut rusak, maka sangat penting menjaga kelembaban rambut. Gunakan masker rambut yang melembabkan setiap seminggu sekali atau dua kali untuk merawat rambut.

Masker rambut yang bisa dibuat sendiri di rumah antara lain alpukat, jus wortel, dan lidah buaya. Minyak alami dan protein yang terkandung dalam buah alpukat sangat efektif menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala. Cukup usapkan alpukat yang sudah dihaluskan ke seluruh permukaan rambut, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Beta carotene pada jus wortel mampu menguatkan rambut dan mencegah rambut rontok. Sementara lidah buaya telah lama digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut bahkan pada jaman kuno Mesir. Lidah buaya mengandung enzim yang mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan alkali yang dapat menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala dapat membantu rambut tumbuh lebih capet dan menjaga kelembaban kulit kepala.

Comment di sini