Cara Membangun Personal Branding di Sosial Media

by
May 21st, 2014 at 10:20 am

CiriCara.com – Apa itu Personal Branding? Bagaimana cara melakukan Personal Branding melalui sosial media? Seiring berjalannya waktu, semakin tingginya penggunaan Internet di kalangan anak muda menyebabkan semakin maraknya para remaja Indonesia yang berbondong-bondong untuk online dan memposting status di akun sosial media yang mereka miliki.

strategi media sosial

Personal branding di sosial media – Ist

Menurut psikolog Veronika Trimardhani, M.Si “Secara psikologis, personal branding merupakan mempromosikan diri sendiri untuk membangun suatu reputasi. Membangun diri sendiri sehingga terlihat baik di mata publik”. Secara tidak langsung, kegiatan update status, posting foto, dll itu merupakan “Personal Branding”. Secara umum Personal Branding berkaitan erat dengan image seseorang.

Semakin pesatnya kemajuan teknologi dan Internet, Personal Branding semakin gencar dilakukan oleh para pengguna Internet, khususnya para remaja. Sosial media dijadikan sebagai tempat untuk menunjang pengembangan personal branding yang dilakukan seseorang. Pada zaman teknologi yang serba canggih ini, sosial media berkembang dengan pesat dan sangat bermanfaat untuk berkomunikasi.

Keuntungan yang didapatkan dengan melakukan personal branding di sosial media yaitu menonjolkan diri secara positif kepada orang lain ataupun teman-teman disekitar Anda. Melalui personal branding di sosial media, teman-teman Anda juga dapat melihat pribadi yang Anda miliki berdasarkan persepsi mereka..

Citra atau image seseorang dapat tersirat melalui personal branding di dalam akun sosial media mereka. Dengan memposting status atau sekedar mengupload foto atau video ke dunia maya, secara tidak langsung Anda melakukan personal branding ke teman Anda di media sosial. Dan orang yang melihat status atau foto Anda di sosial media akan memiliki opini dan persepsi terhadap diri Anda berdasarkan status dan foto tersebut.

Personal Branding yang Anda lakukan melalui sosial media dapat memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap citra Anda didepan teman-teman. Contohnya apabila Anda suka foto-foto di sejumlah tempat wisata, maka teman Anda akan secara otomatis menebak bahwa Anda adalah seorang traveller.

Personal branding yang dilakukan melalui sosial media terkadang membawa dampak baik dan buruk. Dampak baiknya, Anda dapat membentuk opini dan persepsi tentang diri Anda dihadapan teman-teman dan orang lain. Tapi jika melebihi batas, maka Anda juga akan mendapat dampak buruk.

Misalnya, karena terlalu sering update status atau foto barang berharga yang di miliki dirumah, Anda justru mengundang tindak kejahatan. Ada teman sosial media Anda yang berubah jadi perampok dan lalu dengan mudah membobol rumah Anda karena mendapat info dari sosial media.

Apa yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan seseorang untuk Personal Branding melalui social media?

Comment di sini