Cara Membuat Kwetiau Goreng

by
May 21st, 2014 at 4:23 pm

CiriCara.com – Kwetiau merupakan salah satu makanan khas Tionghoa. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali penjual makanan yang menyediakan kwetiau dalam daftar menunya. Bentuknya sama seperti mie biasa, namun lebih lebar dan teksturnya lebih kenyal.

kwetiau enak

Kwetiau goreng – Ist

Kwetiau ini sendiri bisa diolah dengan dua cara, yakni direbus dan digoreng. Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer di Indonesia, khususnya di kota-kota yang ada warga keturunan etnis Tionghoa, seperti di DKI Jakarta.

Sudah banyak restoran dan penjual kaki lima yang menyediakan kwetiau. Kalau pedagang kaki lima, biasanya mereka berjualan hanya di waktu malam hari saja. Tertarik untuk belajar cara membuat kwetiau goreng? Simak caranya berikut ini:

Resep Kwetiau Goreng

Bahan:

- 500 gram kwetiau basah (siap masak)
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- ¼ buah bawang bombai, iris panjang
- 1 butir telur, dikocok
- 150 gram udang, bersihkan dari kulitnya
- 5 buah bakso, iris sesuai selera
- Tangkai caisim secukupnya, potong-potong
- Taoge secukupnya
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 ½ sendok teh kecap asin
- ¼ sendok teh garam
- ¼ sendok teh merica bubuk
- ¼ sendok teh gula pasir
- 2 batang daun bawang, iris tipis
- Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan, masukkan telur, aduk sampai berbutir atau hancur.

2. Tambahkan udang dan bakso, tumis sampai berubah warna. Masukkan caisim dan taoge aduk-aduk sampai rata, tumis sampai setengah layu.

3. Masukkan kwetiau, aduk rata. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk-aduk sampai tercampur rata dan kwetiau terbalur bumbu.

4. Tambahkan daun bawang, aduk rata. Setelah matang, angkat dan sajikan di piring saji dengan hiasan sayur atau tomat.

Agar lebih nikmat, Anda bisa menyantapnya sambil ditemani kerupuk. Kwetiau goreng siap untuk dinikmati. Selamat mencoba!

(YG)

Sumber: Tabloid Nova

Comment di sini