Cara Memilih Efek Gitar yang Bagus

by
May 21st, 2014 at 12:05 pm

CiriCara.com – Setelah mempunyai gitar yang bagus kini saatnya kamu melengkapinya dengan efek gitar. Kamu tentu sudah tahu bahwa efek gitar itu berfungsi untuk memanipulasi suara gitar baik itu berupa distorsi, flanger, delay, atau jenis suara yang lainnya.

membeli efek gitar

Efek gitar – Ist

Dengan bantuan efek gitar, maka suara gitar kamu akan terdengar lebih berbeda dan lebih panjang. Buat kamu yang sedang belajar melodi sebuah lagu, efek gitar ini akan sangat membantu untuk mempercepat proses belajar kamu.

Efek gitar itu sendiri mempunyai dua jenis, yaitu efek digital dan analog atau yang biasa disebut sebagai efek stombox. Mungkin kamu bertanya-tanya sebenarnya jenis efek yang mana sih yang paling bagus?

Berikut perbedaan efek gitar analog dengan efek gitar digital:

1. Efek analog/Stombox

Kelebihan dari efek ini adalah suara yang dihasilkan lebih natural dan lebih kental dibanding efek digital. Kebanyakan musisi lebih suka memilih efek Stombox ini. Namun, untuk bisa menghasilkan suara yang berbeda-beda, kamu harus merangkai beberapa efek. Ini artinya, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih mahal.

2. Efek digital

Kelebihan efek ini adalah kita bisa memilih beberapa jenis suara tanpa harus merangkainya dengan efek lain seperti efek Stombox. Semua sudah built in dalam satu ton Bank Nya, kamu hanya perlu memilih dan mengaktifkannya saja. Namun suara yang dihasilkan oleh efek gitar ini kurang natural dari efek Stombox.

Setelah menentukan pilihan apakah membeli efek analog (Stombox) atau efek digital, berikut ada beberapa cara untuk memilih efek gitar yang bagus.

1. Tentukan jenis suara

Pilih jenis suara seperti apa yang kamu inginkan, apakah distorsi, delay, atau yang lainnya. Jika ingin distorsi, maka pilih efek yang menghasilkan suara distorsi. Jika ingin yang lengkap sebaiknya pilih efek digital.

toko musik

Toko gitar – Ist

2. Suara yang dihasilkan

Pilih efek yang menghasilkan suara yang jernih, bagus, dan jelas. Karenanya, kamu bisa mencoba beberapa efek gitar terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli yang mana. Dengan demikian kamu bisa tahu efek mana yang bagus dan cocok untuk gitar kamu.

3. Jika membeli efek digitar

Pilih efek yang menyediakan banyak fitur namun tidak terlalu banyak tombol. Pastikan efek tersebut tidak mempengaruhi suara pada saat di by pass. Pilih efek yang tidak boros baterai agar proses latihan kamu tidak terganggu karena baterai habis.

Itulah beberapa cara memilih efek gitar yang bagus. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini