Ini Bahaya Menikah di Usia Muda

by
May 22nd, 2014 at 4:56 pm

CiriCara.com – Menikah dengan siapa dan kapan itu memang merupakan hak pribadi orang masing-masing. Namun, hendaknya hal itu tidak menjadi alasan untuk melangsungkan pernikahan di usia muda. Karena menikah di usia yang masih muda itu penuh risiko.

contoh pernikahan

Pernikahan – Ist

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) BKKBN Pusat, Sudibyo Alimoeso mengatakan, perkawinan muda di Indonesia cukup tinggi. Karenanya, masyarakat kembali diingatkan agar tidak terburu-buru dalam memutuskan untuk menikah.

Menurut Sudibyo, pernikahan muda itu paling banyak terjadi di Kalimantan Timur, Banten, Jawa Barat, dan Sumatera. Parahnya, kebanyakkan pernikahan muda terjadi saat usia pengantin masih di bawah 20 tahun.

Berikut bahaya menikah di usia muda:

1. Rawan KDRT

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) rawan terjadi pada pasangan yang menikah di usia muda. Hal ini lantaran tingkat emosi dan juga pemikiran yang masih belum matang. Masih sama-sama egois sehingga rawan terjadi tindak kekerasan saat ada masalah rumah tangga.

2. Perceraian

Masih karena faktor pola pikir dan emosi, banyak pernikahan muda yang berakhir dengan perceraian. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari terjadinya KDRT, perselingkuhan, dan juga rasa menyesal karena terburu-buru memutuskan untuk menikah.

3. Ekonomi belum mantap

Pernikahan usia muda cenderung memiliki kondisi ekonomi yang belum mantap. Hal ini karena pasangan masih belum punya pekerjaan dan tabungan saat memutuskan untuk menikah. Padahal, kebutuhan hidup berumahtangga itu cukup besar. Ini juga bisa memicu perceraian.

Calon Pengantin Perempuan4. Kematian ibu hamil

Risiko pernikahan usia muda yang paling bahaya adalah kematian ibu hamil dan risiko keguguran. Hal ini karena sistem reproduksi perempuan usia muda masih belum siap. Tak heran, pernikahan muda ini ikut memicu tingginya angka kematian ibu hamil di Indonesia.

5. Gangguan kesehatan

Perempuan yang nikah muda juga mempunyai risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi. Seperti risiko terkena kanker serviks dan juga lebih mudah tertular virus HIV AIDS. Hal ini sangat dipengaruhi oleh usia pertama kali seorang perempuan berhubungan seks.

Pernikahan bukan hanya sekadar pesta dan untuk melampiaskan hasrat seksual saja. Anda juga harus memikirkan masa depan. Apakah Anda sudah siap secara mental, fisik, dan juga kemampuan ekonomi? Karena sangat disayangkan jika ternyata pernikahan Anda justru berakhir dengan perceraian.

Pikirkanlah baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk menikah! Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini