Kuliah Sambil Berbisnis? Kenapa Tidak!

by
May 22nd, 2014 at 1:14 pm

CiriCara.com – Waktu kerja yang fleksibel, kecanggihan teknologi dan maraknya pengguna smartphone menjadi modal utama Sheila, mahasiswi FE UII International Program, bersama sang partner, Ade Bondan, untuk memulai bisnis online. Berkat kegigihannya, kini akun instagram bisnis vintage notebook online miliknya sudah mencapai puluhan ribu follower. Omset yang didapat dari bisnis online-nya juga bukan lagi angka yang kecil.

bisnis onlineKini membagi waktu kuliah dan berbisnis bukanlah hal yang sulit untuk Sheila dan Ade lakukan. Mau ikuti jejak sukses mereka?Yuk, intip tips suksesnya berbisnis online berikut ini:

1. Be creative and Innovative

Kreatifitas menjadi hal penting untuk selalu meningkatkan bisnis, baik online mapun bisnis non-online. Kreatif di bisnis online adalah bagaimana Anda memikirkan produk apa yang bisa Anda jual, yang belum ada di pasaran. Menjadi kan produk Anda unik, dan berbeda dari yang lain juga menjadi modal awal membangun bisnis online. Kreatifitas juga bukan apa-apa tanpa ada nya inovasi. Kreatifitas yang dibarengi dengan inovasi, akan memudahkan Anda untuk mempertahankan kesuksesan bisnis online Anda.

2. Kesulitan dan cara mengatasinya

Ekspetasi konsumer, proses pengiriman dan koneksi internet menjadi beberapa dari banyaknya kesulitan yang didapat dari berbisnis online. Namun, untuk mengatasi ini bukanlah hal yang sulit jika diatasi dengan kegigihan. Fisik dari produk yang sebenarnya dengan ekspetasi konsumer kadang berbeda, inilah yang terkadang menimbulkan komplain dari pelanggan. Namun, dengan memberikan spesifikasi produk dan foto yang detail, masalah ini akan terkendali. Tidak semua konsumer ingin menunggu berhari-hari untuk barang yang dibeli sampai di tangannya, namun dengan memberikan kejelasan secara ramah, pelanggan akan mengerti.

3. Strategi promosi yang menarik

Selain produk yang unik, strategi promosi juga menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis online. Pikirkanlah strategi promosi sekreatif mungkin, dan berbeda dengan kompetitor Anda. Banyaknya aplikasi sosial media seperti instagram, facebook, juga twitter memudahkan Anda berpromosi secara online. Word of mouth juga bisa menjadi ajang promosi.

Bisnis Online4. Kesuksesan bergantung oleh si pelaku bisnis

Dikutip dari Zanger&Folkman, “To be a good people, you have to have 5 basic competences; Character, Personal Capability, Focus on Results, Interpersonal Skill and Leading Organizational Change.” Selalu menjadi pebisnis yang baik, dalam arti ramah dan sabar menghadapi konsumer, selalu gigih dan berusaha keras juga selalu memberikan pelayanan terbaik menjadi kunci kesuksesan berbisnis online.

5. Cintai apa yang Anda lakukan

Mencintai apa yang Anda lakukan, membuat Anda akan mengerjakan hal tersebut dengan hati dan kegigihan, yang nanti nya akan menghasilkan suatu hasil yang maksimal. Selain itu, mengerjakan hal yang Anda suka tidak akan membuat Anda bosan untuk terus mengembangkannya.

Bagaimanapun, sebuah usaha tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal jika tidak disertai dengan kerja keras, semangat yang tinggi dan jangan menyerah. Semoga bermanfaat!

Comment di sini