Video: Semangat Kiper Satu Kaki dari Brasil

by
May 22nd, 2014 at 4:01 pm

Sao Paulo (CiriCara.com) – Sama seperti kiper lainnya, Alexandre Toledo selalu berusaha keras agar gawang yang dijaganya tidak dibobol pemain lawan. Toledo selalu tampil dengan maksimal meskipun dirinya hanya mempunyai satu kaki.

alexandre toledo

Alexandre Toledo menangkap bola – Reuters/Nacho Doce

Dulu, Toledo merupakan seorang penjaga gawang profesional di salah satu klub di Liga Brasil. Namun pada tahun 1996, Toledo mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda motornya. Usai kecelakaan, belakangan dideteksi ada virus ganas di kaki Toledo.

Tim dokter yang menangani Toledo akhirnya memutuskan untuk mengamputasi kakinya setahun kemudian. Toledo pun terpaksa harus kehilangan satu kakinya dan juga karier sepakbola profesionalnya di kompetisi Liga Brasil.

Meskipun berat harus kehilangan satu kakinya, Toledo ternyata tetap semangat dan tidak menyerah begitu saja. Toledo tetap melanjutkan karir sepakbolanya sebagai penjaga gawang walaupun tidak bermain di klub besar Liga Brasil.

18 tahun berlalu, kini Toledo tercatat sebagai pemain dari klub amatir Brasil bernama Molewue Travesso. Meskipun mempunyai kekurangan fisik, pihak tim masih mempercayai Toledo untuk menjaga gawang dari tendangan pemain lawan.

“Saya memang hanya memiliki satu kaki, tapi hal itu tak mengurangi semangat saya untuk tetap bermain sepakbola,” kata Toledo, seperti dilansir Yahoo Sport.

Dengan semangatnya itu, Toledo mengaku hanya ingin menunjukkan pada dunia bahwa orang seperti dirinya juga tetap bisa bermain sepakbola. Meskipun hanya punya satu kaki, Toledo tetap bersemangat dalam menjaga gawangnya.

Salah satu pertandingan Toledo sempat diliput oleh seorang wartawan asal Brasil. Aksi Toledo yang diabadikan melalui kamera pun langsung membuat publik terkagum. Banyak yang memuji bahwa Toledo itu sangat menginspirasi dunia.

Tidak hanya Toledo, di Amerika Serikat juga ada pemain sepakbola berkaki satu, dia adalah Nico Calabria. Bahkan, Calabria yang kini berusia 19 tahun, sempat menjadi pemain terbaik di Timnas amputasi kaki Amerika Serikat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga masih mempunyai semangat sama seperti mereka?

(YG)

Comment di sini