Wisata Susur Sungai di Palangkaraya

by
May 22nd, 2014 at 9:19 am

CiriCara.com – Indonesia memiliki beragam pulau yang menyuguhkan keeksotikanya masing-masing. Salah satu diantaranya adalah Borneo atau yang biasa dikenal dengan Pulau Kalimantan. Pemandangan yang tak kalah menarik perhatian para pecinta alam ini dapat dinikmati lewat wisata Susur Sungai Kahayan yang berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

wisata susur sungai

Wisata Susur Sungai – Ist

Susur Sungai merupakan wisata petualangan alam yang akan membawa Anda menyusuri keunikan Sungai Kahayan dengan menggunakan kapal. Sungai Kahayan termasuk salah satu sungai terbesar di Borneo yang dipenuhi beragam hutan endemik Kalimantan serta orangutan yang menjadi fauna khas Borneo.

Anda bosan dengan kepenatan kota? Tak perlu bingung, alternatif wisata ini dapat menyegarkan pikiran Anda kembali dengan beragam pemandangan hutan serta fauna khas Borneo yang tentunya jarang Anda temukan di pulau lainnya.

Akses untuk menuju wisata Susur Sungai ini sangatlah mudah. Bagi Anda yang merupakan wisatawan di luar Pulau Kalimantan, dari Bandara Tjilik Riwut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke alun-alun kota Palangkaraya. Kota ini merupakan kota bebas macet sehingga dari alun-alun kota menuju wisata Susur Sungai hanya memakan waktu 10 menit.

Setelah sampai di tempat wisata Susur Sungai, Anda dapat memilih paket wisata yang sudah ditentukan. Jika Anda membawa banyak rombongan, tak perlu cemas, wisata ini menyediakan kapal besar yang cukup untuk menampung 30-40 orang. Dalam perjalanannya untuk menyusuri sungai, wisata ini memakan waktu kurang lebih 24 jam dan memiliki rute yang berbeda.

“Salah satu rute yang paling banyak dipilih orang adalah paket wisata yang start dari dermaga tugu menuju Pulau Kaja, pulau yang menjadi tempat konservasi orangutan. Dari Pulau Kaja kita menuju Desa Nelayan, kita dapat melihat kegiatan penduduk lokal yang membuat keramba ikan. Selain itu, ada juga rute yang menuju Makam Keramat yang banyak terdapat ‘sapundu’ atau tempat ditaruhnya tulang belulang orang Dayak,” jelas Rut yang merupakan pemandu wisata Susur Sungai ini.

Comment di sini