Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

by
May 23rd, 2014 at 9:41 am

CiriCara.com – Kelebihan berat badan bisa saja disebabkan oleh kurangnya metabolisme tubuh. Menurut Haley Barton, ahli gizi di Nutrition Savvy, pada Huffingpost, metabolisme ditentukan oleh beberapa faktor termasuk faktor gen, usia, tingkat hormon, ukuran tubuh, dan tingkat aktivitas. Sama pula seperti yang John Berardi, Ph., C.S.C.S., penulis The Metabolism Advantage, ungkapkan di Women’s Health bahwa faktor yang sangat berperan dalam mengontrol metabolisme adalah tingkat aktivitas. Menurutnya, 500-600 kalori bisa terbakar setiap hari jika melakukan olahraga dan makan yang benar.

Berikut cara yang dapat Anda jadikan rutinitas dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nantinya mudah dalam mengurangi beberapa pon berat tubuh Anda.

1. Rutinitas Pagi

minum kopi / Ist

minum kopi / Ist

Sarapan sangat penting dalam menunjang metabolisme tubuh. Saat pagi, makanan lebih lambat dicerna sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan untuk sarapan pagi bisa dipilih dari makanan yang kaya akan protein dengan karbohidrat dan lemak sehat. Makan ikan, daging, telur, buncis, dan kedelai akan menjaga kecepatan metabolisme untuk beberapa jam setelah Anda makan.

Minum kopi pada pagi hari terbukti, seperti yang dipublikasikan jurnal Physiology & Behavior, meningkatkan metabolisme hingga 16 persen bila dibanding dengan mereka yang tidak minum kopi. Kafein pada kopi merangsang sistem syaraf pusat dengan meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Namun pastikan Anda meminum kopi pada jumlah yang benar. Secangkir kopi dengan kandungan 150 mg kafein adalah jumlah yang cukup berguna mempengaruhi metabolisme. Jika terlalu banyak kopi, akan berdampak pada masalah tidur, mengganggu perut, atau mengacaukan detak jantung.

Comment di sini