Cara Atasi Anak Susah Minum Obat

by
May 26th, 2014 at 3:57 pm

CiriCara.com – Saat anak sakit, tentunya Anda akan memeriksakannya ke dokter dan pada akhirnya dokter akan memberikan obat agar dia bisa sembuh. Namun, kebanyakan anak langsung menolak minum obat karena rasanya yang tidak enak. Harus bagaimana?

anak minum obat

Anak mau minum obat – Batam Pos

Para orangtua mengaku bingung harus bagaimana mengatasi anak yang susah minum obat. Setiap kali disuruh minum obat, anak langsung menutup mulut dan bahkan langsung lari agar tidak diminumi obat. Sekalinya mau minum obat, dia langsung memuntahkannya.

Memaksa anak untuk meminum obat jelas bukan cara yang baik. Hal ini bisa membuat anak tersedak dan malah membuat penyakitnya jadi semakin parah. Karenanya, Anda harus pandai-pandai dalam membujuk anak supaya mau minum obat.

Berikut cara atasi anak susah minum obat:

1. Obat rasa manis

Beberapa anak langsung muntah setelah minum obat karena rasanya yang pahit. Untuk itu, Anda sebaiknya meminta obat dari dokter yang rasanya sedikit lebih manis. Atau Anda juga bisa langsung meminta cairan penetralisir rasa pada apoteker. Biasanya tersedia beraneka macam rasa, dari rasa permen karet sampai rasa buah.

2. Pakai alat tetes

Untuk anak yang masih bayi, disarankan untuk memakai alat tetes. Selain menghindari obat jatuh berceceran, alat tetes ini juga bisa berguna untuk mengontrol pemberian dosis obat. Teteskan obat tepat di tengah mulut, bukan di kerongkongannya karena bisa menyebabkan bayi batuk dan tersedak.

3. Ciptakan suasana riang

Ubah persepsi anak tentang obat itu pahit dan tidak enak dengan cara ciptakan suasana riang. Saat akan memberi dia obat, Anda harus memotivasi anak bahwa obat itu enak dan baik untuk kesehatannya. Misalnya, berikan obat saat anak terlihat asyik bermain.

anak minum obat

Anak mau minum obat – Ist

4. Dicampur

Jika anak tetap menolak karena rasanya pahit, Anda bisa mencampurnya dengan minuman atau makanan. Dengan demikian rasa pahit dari obat bisa sedikit tersamarkan. Namun, sebelumnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter, apakah obat tersebut aman atau tidak jika dicampurkan dengan makanan/minuman.

5. Cara membujuk

Anda bisa secara halus membujuk anak agar mau minum obat. Misalnya, saat anak minta sesuatu, bilang padanya bahwa Anda akan membelikannya jika dia mau minum obat. Cara ini terbilang ampuh tanpa harus memaksa anak.

Menyuruh anak makan saja sudah susah, apalagi menyuruhnya untuk minum obat, pasti lebih susah. Namun jangan menyerah, Anda tetap harus mendorongnya untuk minum obat. Karena hanya dengan minum obat itu lah penyakit yang ada di tubuh anak bisa sembuh.

(YG)

Comment di sini